Ketahui Helicopter Parenting di Drama Korea The Good Bad Mother

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
The Good Bad Mother. Dok. Netflix

The Good Bad Mother. Dok. Netflix

IKLAN

Tanda-tanda pola asuh helikopter 

Salah satu ciri dari pola asuh helikopter adalah bahwa orang tua mengatur secara mikro kehidupan anak-anaknya. Sementara anak kecil memang membutuhkan pengawasan, kontrol, dan bimbingan orang tua untuk mempelajari aturan dunia, orang tua ini melakukannya pada tingkat perkembangan yang tidak sesuai.

Orang tua helikopter memantau anak-anak mereka terus-menerus. Mereka mengontrol perilaku anak-anak mereka dan bersikeras membantu tugas-tugas yang dapat dilakukan anak-anak mereka sendiri. Ketika anak-anak mereka menghadapi rintangan sekecil apa pun, mereka segera terjun untuk menyelamatkan.

Contoh pola asuh helikopter

Berikut adalah beberapa contoh pola asuh helikopter dalam berbagai tahap kehidupan seorang anak.

1. Di masa balita

Masuk akal untuk melindungi anak kecil dari bahaya. Namun, orang tua yang terlalu terlibat mungkin membayangi anak-anak mereka tanpa henti. Ketika anak itu bermain dengan mainan baru, mereka menunjukkan kepada anak-anak mereka cara yang "benar" untuk memainkannya dan memperbaikinya jika anak itu mencoba menggunakannya dengan cara yang berbeda. Anak itu tidak memiliki ruang atau kesempatan untuk mencoba dan mencari tahu sendiri. 

Ketika anak bermain dengan anak lain, orang tua ini mengarahkan perilaku anak dan bagaimana mereka harus berinteraksi dengan orang lain. Jatuh dan tergores adalah bagian normal dari balita saat anak belajar berjalan, tetapi orang tua mengarahkan balita mereka untuk menghindari kecelakaan kecil. Lutut yang sedikit tergores dapat membuat mereka sangat stres

2. Di sekolah dasar

Ibu atau ayah helikopter mungkin berusaha keras untuk memasukkan anaknya ke sekolah atau guru tertentu. Dia tidak hanya mengawasi, tetapi juga membantu anaknya menyelesaikan tugas sekolah atau proyek mereka.

3. Di sekolah menengah pertama

Seorang ibu atau ayah helikopter memilih teman dan aktivitas terbaik untuk anak mereka. Preferensi anak-anak mereka biasanya tidak diperhitungkan karena mereka yakin mereka tahu apa yang terbaik untuk anak-anak mereka.

4. Di sekolah menengah atas

Orang tua mungkin mengambil tanggung jawab untuk meneliti dan memilih universitas tempat anak mereka mendaftar. Mereka mengawasi anak mereka ketika anak itu mendaftar ke perguruan tinggi. Mereka bahkan mungkin menelepon kantor penerimaan untuk penjelasan jika anak mereka belum masuk ke sekolah impian mereka.

5. Di perguruan tinggi

Orang tua mungkin meminta perpanjangan untuk anak mereka atau menyelesaikan tugas untuk mereka. Mereka menghubungi rektor universitas, dekan, atau profesor untuk membantah nilai buruk anak mereka. Mereka bahkan dapat menghadiri pameran kerja dan wawancara dengan anak mereka.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."