Manfaat Kesehatan Makan Buah Semangka, Hidrasi Tubuh dan Menambah Energi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSemangka dikenal sebagai buah yang mampu menghidrasi tubuh. Manfaat hidrasi tersebut dikuatkan  oleh fakta bahwa semangka mengandung kalium elektrolit, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuhmu.

"Sementara sekitar 80 persen asupan air kita berasal dari cairan minum, 20 persen lainnya berasal dari makanan yang kita makan," jelas Dr. Meyer. Kandungan air dalam makanan bervariasi, tetapi karena semangka terdiri dari lebih dari 90 persen air, katanya pasti bisa membantu hidrasi. 

Semangka juga bagus untuk penambah energi. "Buah, secara umum, adalah salah satu "pilihan karbohidrat terbaik yang dapat kamu buat," kata ahli diet terdaftar Brittany L. Jones dari Blush Nutrition, karena karbohidrat dianggap sebagai gula alami. Gula alami tersebut memberi tubuh sebaai sumber energi yang cepat menjadikannya pilihan yang bagus untuk camilan sebelum atau sesudah latihan. Jika kamu menikmati semangka sebagai bagian dari makanan, pastikan untuk "menambahkan beberapa sayuran dan protein non-tepung ke dalam makanan dan juga untuk melengkapi piring makanmu," kata Jones.

Likopen, salah satu antioksidan yang ditemukan dalam semangka, telah terbukti mengurangi risiko kanker, menurut American Institute of Cancer Research. Studi lain menunjukkan itu juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu perlindungan UV, per Frontiers dalam Farmakologi dan penelitian dari Laporan Ilmiah. Kiat pro: semakin gelap warna semangka, semakin banyak likopen yang dimilikinya, kata Jones. 

Semangka juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan lain yang telah ditemukan untuk menetralkan molekul radikal bebas, yang secara berlebihan dapat merusak sel, menurut Harvard Health Publishing. Kerusakan sel itu dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis seperti penyakit kardiovaskular dan peradangan serta kanker, menurut penelitian.

Ini dapat membantu dengan kinerja latihan dan nyeri otot. Semangka juga kaya akan asam amino citrulline, yang membantu meningkatkan aliran darah dan fungsi otot, menurut Cleveland Clinic. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen citrulline menjelang latihan dapat membantu mengurangi nyeri otot secara signifikan setelah berolahraga, meskipun penelitian lain menemukan bahwa jus semangka alami membantu mengurangi detak jantung pemulihan dan nyeri otot.

Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah. Kalium, citrulline, dan lycopene dalam semangka semuanya bekerja dengan cara yang berbeda untuk menurunkan tekanan darah, dan bersama-sama, mereka membuat semangka cukup baik dalam melakukannya juga. Misalnya, satu studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa makan semangka dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah pada individu yang kelebihan berat badan.

Biji semangka juga menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan. Jika saat kecil kamu khawatir makan biji semangka akan bertunas di perut, kabar baiknya itu bukanlah hal yang bermasalah. Biji semangka menawarkan manfaat kesehatannya sendiri. Benih menawarkan beberapa nutrisi yang tidak dimiliki daging semangka, termasuk banyak protein dan lemak - masing-masing 8 gram dan 13 gram per ons, per USDA. Mereka juga kaya akan mineral magnesium dan vitamin B folat, yang keduanya membantu tubuh Anda bekerja dengan baik dan menghindari penyakit, menurut Cleveland Clinic. Seperti banyak biji lainnya, biji semangka juga memiliki asam lemak yang baik untuk tubuh kamu.

Bolehkah Kamu Makan Semangka Terlalu Banyak?

Menurut Klinik Cleveland, dua porsi (yaitu dua cangkir) semangka per hari disarankan. Jika kamu ingin kembali untuk porsi ketiga atau keempat, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukannya.

Semangka dianggap sebagai makanan FODMAP tinggi yang berarti tidak dapat diserap dengan baik dan dapat menyebabkan gas, menurut Dewan Informasi Pangan Internasional . "Jika kamu memiliki sindrom iritasi usus atau penyakit radang usus, kamu mungkin ingin membatasi berapa banyak yang kamu konsumsi," kata Dr. Meyer.

Makan semangka dalam jumlah besar juga bisa membuat kamu merasa kembung dan tidak nyaman karena kandungan airnya yang tinggi, catat Dr. Meyer. Karena semangka dapat menurunkan tekanan darah, kamu mungkin ingin membatasi porsi buah jika sudah menjalani pengobatan tekanan darah (termasuk spironolactone, yang diresepkan untuk jerawat tetapi dibuat untuk mengobati tekanan darah tinggi). Itu karena makanan kaya potasium, seperti semangka, berpotensi menyebabkan komplikasi, menurut Klinik Cleveland. Seperti biasa, sebaiknya diskusikan dengan dokter jika mengalami masalah.

PILIHAN EDITOR

Semangka Punya Manfaat Kesehatan Jauh Lebih Banyak dari yang Kamu Kira

WIDYA FITRIANINGSIH | POP SUGAR 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."