Semangka Punya Manfaat Kesehatan Jauh Lebih Banyak dari yang Kamu Kira

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi smoothie kulit semangka (Pixabay.com)

Ilustrasi smoothie kulit semangka (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain menikmati buah semangka karena rasanya yang enak dan segar, kamu mungkin bertanya-tanya tentang manfaat kesehatan semangka. Lagi pula, kamu sekarang dapat membeli minuman semangka dan minuman lain yang mengandung semangka yang menawarkan banyak manfaat, seperti hidrasi dan antioksidan. 

Fakta Gizi Semangka

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Satu cangkir semangka potong dadu mengandung, 46 kalori per cangkirnya, 1 gram per cangkir, 23 gram lemak, 11 gram karbohidrat, 9 gram gula, dan 6 gram serat.

Semangka juga merupakan sumber vitamin A dan C yang baik (masing-masing menyediakan 5 persen dan 14 persen dari nilai harian yang direkomendasikan per cangkir), dan likopen, antioksidan dalam buah dan sayuran berwarna merah seperti tomat, menurut USDA.

Apakah semangka baik untuk Anda? 

Selain menikmati semangka karena rasanya yang enak, kamu mungkin bertanya-tanya tentang manfaat kesehatan semangka. Tapi seberapa bergizi semangka sebenarnya? Satu cangkir semangka juga menawarkan 170 mg mineral dan kalium elektrolit, yaitu sekitar 4 persen dari nilai harian yang direkomendasikan, menurut Klinik Cleveland . Seperti elektrolit lainnya, potasium membantu menjaga kadar cairan normal di dalam sel Anda, membantu hidrasi yang tepat. Ini juga membantu fungsi saraf dan sel, per Klinik Cleveland.

Megan Meyer, PhD, direktur komunikasi sains di International Food Information Council Foundation mencatat bahwa semangka lebih rendah seratnya daripada beberapa buah lain seperti beri, apel, dan jeruk. Misalnya, satu cangkir semangka hanya memiliki 0,6 gram serat, sedangkan satu cangkir blueberry memiliki 3,6 gram, per USDA .

Semangka baik untuk tubuh. Meskipun demikian, tidak boleh ada satu makanan yang menggantikan pola makanmu, karena kamu memerlukan beragam nutrisi agar tubuh tetap bekerja dengan baik. Tetapi, kamu dapat menikmati semangka sesuai asupan buah harian yang direkomendasikan (antara dua dan empat cangkir per hari) tanpa khawatir.

Jika kamu sedang mencari inspirasi tentang cara makan lebih banyak semangka, lihat kue semangka tanpa panggang dengan krim kocok vanilla bean, beri, dan almond; salsa mangga semangka ; dan bahkan es loli tequila semangka. Dalam media sosial, TikTok bahkan membuat orang ingin mencoba mustard pada semangka. 

PILIHAN EDITOR:

WIDYA FITRIANINGSIH | POP SUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."