Mengenal Apa Itu Kopi Jamur dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kopi jamur. Shutterstock

Kopi jamur. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernah dengar kopi jamur? Jika belum, pasti timbul pertanyaan lagi  apakah itu benar-benar mengandung kopi, apakah itu akan membuat bersemangat, dan apakah itu benar-benar lebih baik untuk Anda daripada kopi biasa?

Kopi jamur adalah jamur fungsional yang dikeringkan, digiling, dan terkadang diekstraksi (untuk mengeluarkan lebih banyak nutrisi). Varietas jamur fungsional populer yang digunakan untuk kopi jamur termasuk surai singa, reishi, chaga, cordyceps, ekor kalkun, dan terompet raja.

Beberapa kopi jamur juga mengandung bahan adaptogenik atau herbal lain seperti ashwagandha, akar burdock, sawi putih, dandelion, maca, kunyit, kayu manis, merica, dan rhodiola. Adaptogen adalah zat alami yang ditemukan dalam makanan nabati tertentu, seperti jamur, herba, dan akar, yang membantu tubuh bereaksi dan beradaptasi dengan penyebab stres lingkungan.

Baca juga: 10 Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi Setiap Hari

Manfaat Kopi Jamur

Jamur fungsional bukanlah jenis halusinogen, mereka adalah jamur dengan manfaat kesehatan tambahan di luar nutrisi yang dikandungnya serta sifat adaptogenik. Dipercaya oleh pengobatan Tiongkok tradisional dan Ayurveda selama ribuan tahun, adaptogen adalah sekelompok senyawa tumbuhan (tetapi juga dapat dibuat secara sintetis) yang membantu tubuh dalam beradaptasi terhadap stres apa pun, baik itu biologis, fisik, atau kimiawi.

Ini membantu tubuh melawan penyakit atau penyakit apa pun yang diakibatkan oleh stresor ini dan dengan cepat kembali ke homeostasis. Senyawa ini telah dikaitkan dengan perbaikan dalam segala macam kondisi termasuk peradangan tubuh, sindrom kelelahan kronis, dan gangguan kognitif. Dari lebih dari 70 adaptogen alami yang dikenal saat ini, jamur fungsional adalah beberapa yang paling sering digunakan saat ini.

Setiap jamur fungsional memiliki manfaat kesehatan yang unik dengan bukti yang berkembang untuk menunjukkannya. Berikut adalah catatan manfaat pada beberapa varietas paling populer yang digunakan untuk kopi jamur:

Jamur Reishi

Jamur ini adalah salah satu bahan paling umum yang akan Anda temukan dalam campuran kopi jamur. Penelitian telah menemukan itu memiliki potensi terapeutik untuk gangguan neurodegeneratif, kanker, penyakit jantung, penyakit hati, gangguan mood, dan kondisi metabolisme — meskipun penelitian lanjutan diperlukan untuk sepenuhnya memahami mekanisme ini.

Jamur Surai Singa

Tambahan populer lainnya, surai singa sangat menarik bagi para pembuat kopi jamur karena mengandung faktor neurotropik. Ini adalah biomolekul protein yang mendorong diferensiasi dan pertumbuhan neuron, yaitu sel saraf di otak yang mengirimkan informasi.

Selain kemampuan surai singa untuk mengurangi peradangan di otak, juga berdampak baik untuk meningkatkan kejernihan dan fokus mental. Plus, itu terbukti mendukung kesehatan usus, metabolisme, jantung, dan tidur sambil juga bekerja untuk meringankan gejala masalah terkait otak lainnya seperti penyakit Alzheimer, Parkinson, dan gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi.

Jamur Cordyceps

Jamur ini biasanya ditambahkan ke campuran kopi untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Di luar manfaat ini, jamur yang tampak unik ini terkait dengan peningkatan kesehatan pernapasan, mengatur gula darah, dan bahkan melindungi dari beberapa jenis kanker. Ini terbukti efektif melawan virus dan juga kelelahan olahraga.

Jamur Chaga

Anda juga akan sangat mungkin menemukan chaga dalam campuran kopi jamur yang populer. Ini tumbuh di sisi pohon, terlihat hampir seperti kulit kayu. Jenis jamur ini menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk potensi untuk meningkatkan kesehatan jantung, usus, otak, dan metabolisme.

Chaga juga terbukti efektif melawan virus dan kanker. Namun, satu catatan tentang chaga, berhati-hatilah dengannya, karena mengandung oksalat dalam jumlah tinggi - bahan kimia pertahanan tumbuhan yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi dalam jangka waktu lama.

Karena itu, penting untuk menemukan merek kopi jamur terkemuka yang memahami dampak penuh chaga, termasuk varietas ini dalam jumlah sedang dalam produk mereka. Idealnya Anda ingin membatasi konsumsi jamur giling ini tidak lebih dari 2 gram (atau satu sendok makan) per hari untuk menghindari risiko terkait oksalat.

Jamur Ekor Kalkun

Jamur ekor kalkun atau turkey tail mushroom merupakan agen anti-inflamasi spektrum luas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dari segala sudut. Penelitian juga menunjukkan bahwa jamur ekor kalkun bahkan mungkin ampuh melawan kanker seperti melanoma, meskipun diperlukan lebih banyak untuk mengkonfirmasi klaim tersebut.

Semua jamur fungsional ini juga akan menambah dosis serat yang sehat pada cangkir pagi Anda yang akan meningkatkan kesehatan usus, senyawa tanaman yang akan mendukung sistem kekebalan tubuh, dan vitamin B yang akan membantu Anda mempertahankan tingkat energi yang sehat sepanjang hari.

Selain menawarkan energi, kejernihan, dan fokus mental, meminum minuman kopi jamur dapat membantu mengurangi sedikit beban kafein Anda di pagi hari, karena sebagian ampas kopi digantikan oleh adaptogen ini. Dan, penting untuk dicatat bahwa bukti tentang jamur ini dan produk olahannya, termasuk kopi jamur  masih berkembang. Sebagian besar penelitian yang tersedia juga berbasis hewan. 

Pilihan Editor: Mana Lebih Baik, Minum Kopi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."