10 Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum kopi. Foto: Unsplash.com/Engin Akyurt

Ilustrasi wanita minum kopi. Foto: Unsplash.com/Engin Akyurt

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang mengawali hari dengan minum kopi. Menurut Asosiasi Kopi Nasional Amerika (NCA), rata-rata orang Amerika minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari. Bagaimana dengan kamu? Sebenarnya, amankah minum kopi setiap hari? Yuk, kita telusuri bersama manfaat dan efek samping minum kopi setiap hari.

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Mungkin kamu berpikir bahwa meminum kopi tidak mungkin meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh selama tidak mengonsumsi krimer yang berlemak, namun itu tidak sepenuhnya benar.

Menurut Kylene Bogden, ahli gizi yang juga salah satu pendiri FWDfuel,  dalam studi kecilnya ditemukan bahwa lemak yang berada dalam biji kopi, terutama dalam minyak seperti kafestol dan kahweol, dapat turut berkontribusi pada peningkatan kolesterol “jahat.”

Diterpen, dikenal sebagai zat berminyak dalam kopi yang dapat melumpuhkan kemampuan alami tubuh kalian untuk memproses dan menghilangkan kolesterol, jelasnya. Kadar kolesterol yang tinggi mampu meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung, juga stroke.

Diterpen lebih banyak ditemui pada kopi tanpa filter seperti french press dibandingkan dengan varian yang disaring.

“Saat kopi melewati saringan kertas, minyak terhalang agar tidak jatuh ke dalam gelas,” ungkap Bogden.

Faktanya, menurut Harvard Health Publishing kopi yang memalui proses penyaringan menghasilkan Diterpen lebih sedikit dari jumlah kopi tanpa filter.

Jadi jika kalian memiliki riwayat kolesterol yang tinggi ataupun masalah jantung, sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi kopi tanpa filter atau setidaknya mempunyai batas jumlah harian untuk mengonsumsinya.

2. Meningkatkan Tekanan Darah

Menurut Bogden, mengingat kafein memiliki efek vasokonstriksi yang artinya adalah menyempitkan pembuluh darah, maka kafein dapat meningkatkan tekanan darah dalam 30 menit pertama setelah dikonsumsi.

Meskipun tidak sepenuhnya dapat dipahami mengapa hal ini terjadi, satu hipotesis menyatakan bahwa kafein memblokir hormon yang memperlebar pembuluh nadi atau arteri, menurut Lisa Moskovits, ahli diet dan gizi sekaligus pendiri serta CEO NY Nutrition Group.

Teori lainnya adalah bahwa stimulan ini meningkatkan adrenalin, yang berarti meningkatkan tekanan darah pada arteri. 

Singkatnya, menurut Bogden, kafein dapat mengaktifkan kelenjar adrenal untuk menghasilkan lebih banyak adrenalin, sehingga meningkatkan detak jantung dan menyempitkan pembuluh darah.

3. Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat minum kopi setiap hari adalah berisiko rendah alami gagal jantung menurut Heart Failure Studies per Februari 2021. Ketika kopi dikonsumsi dalam jumlah sedang sampai dengan maksimal, yaitu satu sampai dengan empat cangkir dalam sehari, itu aman untuk sebagian orang sehat.

Menurut Harvard Health Publishing, secangkir kopi mengandung polifenol yang kuat. Hal ini bertindak sebagai antioksidan dan dapat membantu mengurangi kerusakan sel.

Terlebih lagi, biji kopi kaya akan magnesium, potassium, dan niasin. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung. Secara keseluruhan elemen-elemen yang disebutkan tadi bisa membantu mendukung kadar gula yang sehat, membantu laju metabolisme, dan fungsi pembuluh darah.

Namun, jenis kopi yang tanpa filter mungkin tidak bisa meningkatkan kesehatan jantung. Jadi, perhatikan juga jenis kopi yang turut berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Mendukung Kesehatan Otak

Kafein mampu mengikat reseptor di otak untuk memblokir kelelahan dan meningkatkan fungsi kognitif sekaligus kesejahteraan, ungkap Moskovitz.

Bukan cuma itu, kafein juga dapat membantu meningkatkan suasana hati positif, sehingga turut mendukung kesehatan mental, menurut penelitian pada Juli 2014 dalam The World Journal of Biological Psychiatry.

Manfaat jangka panjang dari minum kopi berkafein adalah dapat membantu mencegah kerusakan pada tingkat sel berkat tingginya kandungan antioksidan.

Ilustrasi wanita minum kopi. Freepik.com/Racool Studio

5. Meningkatkan Energi

Seperti yang telah kita ketahui bersama, minum kopi setiap hari bisa menjadi penambah energi alami.  Sains pun mendukung dengan menjabarkan bahwa kopi berkafein mampu meningkatkan semangat, daya tahan, kekuatan, dan tenaga selama menjalani kegiatan berolahraga.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

“Biji kopi adalah sumber signifikan antioksidan penangkal penyakit.” Salah satunya adalah dengan adanya zat polifenol, yang dapat melindungi tubuh dari penyakut jantung, jenis kanker tertentu, dan alzheimer.

Namun perlu diingat juga, ada beberapa faktor tambahan yang berperan dalam meningkatkan risiko penyakit kronis, yakni genetik dan gaya hidup.

Baca juga: Efek Negatif Minum Kopi Jika Berlebihan, dari Insomnia Hingga Sakit Kepala

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."