Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari, Lakukan 7 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum kopi atau teh hangat. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita minum kopi atau teh hangat. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum minum kopi di pagi hari, mulai dari sarapan hingga menyikat gigi. Melakukannya dengan urutan yang benar lebih dari sekadar menjaga gigi etap sehat dan putih.

“Mendukung rutinitas minum kopi pagi Anda dengan beberapa praktik strategis dapat berdampak baik untuk pencernaan, stres, keseimbangan hormon, energi, dan banyak lagi,” kata Abigail Hueber, ahli diet fungsional dan ahli kesehatan pencernaan dikutip dari Well+Good, Sabtu, 6 Mei 2023.

Terlebih lagi, melompat dari tempat tidur dan meraih secangkir kopi dapat mengaktifkan pelepasan hormon stres termasuk adrenalin dan kortisol.

“Kortisol adalah hormon penting yang ingin kita lepaskan di pagi hari, tetapi kafein dari kopi saat perut kosong dapat menyebabkan pelepasan kortisol yang terlalu terstimulasi dan memicu respons stres yang tidak membantu yang dapat memengaruhi usus, hormon, adrenal, dan energi [dengan cara negatif],” kata Hueber.

Untuk mendukung tubuh Anda lebih baik dan mengurangi potensi respons stres, berikut ini sejumlah hal yang dapat Anda lakukan sebelum minum kopi di pagi hari.

1. Hidrasi Tubuh

Tubuh Anda mengalami dehidrasi dalam semalam, jadi sebelum menikmati kopi pagi Anda, Hueber mengatakan bahwa penting untuk minum 16 ons minuman kaya mineral untuk mengembalikan elektrolit Anda.

“Ketika saya mengatakan mineral, saya berbicara paling banyak tentang potasium dan sodium, yang membantu mengarahkan air ke mana harus masuk ke dalam tubuh untuk hidrasi yang optimal, serta memainkan peran utama dalam mendukung semuanya mulai dari adrenal kita hingga gula darah dan bahkan gula darah. keseimbangan hormon kita.”

Dia menyarankan untuk mencampur delapan ons minuman kaya potasium seperti air kelapa, jus lidah buaya, jeruk bali atau jus jeruk dengan sejumput garam dan delapan ons air untuk hidrasi pagi sebelum minum kopi.

2. Makan Serat dan Protein

Seperti yang telah disebutkan, minum kopi saat perut kosong dapat merangsang kortisol yang dapat meningkatkan gula darah. "Gula darah yang meningkat dapat memicu peradangan dan membuat kita berada di roller coaster gula darah sepanjang hari sehingga menghabiskan energi kita," kata Hueber.

Lain ceritanya, saat kita memulai hari dengan serat dari sumber makanan utuh, kita dapat membantu menyeimbangkan gula darah secara besar-besaran.

Maka dari itu, Hueber menyarankan untuk makan setengah cangkir beri, pisang, jeruk, atau kurma dengan mentega almond sebelum kopi pagi Anda.

Selain serat, protein adalah makronutrien utama lainnya yang mengimbangi lonjakan gula darah, jadi mengonsumsinya sebelum Anda minum kopi di pagi hari sangat ideal, menurut Hueber. Dia  merekomendasikan untuk menambahkan satu sendok protein kolagen ke dalam tubuh Anda.

“Ini dapat memberikan manfaat besar pada keseimbangan gula darah yang lebih baik dan memberikan dampak positif pada keseimbangan stres dan peradangan tubuh Anda, semuanya tanpa mengubah rasa atau konsistensi kopi Anda.”

Baca juga: Mana Lebih Baik, Minum Kopi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."