5 Cara Menjaga Kesehatan Gigi pada Anak Sejak Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu mengajarkan anak sikat gigi. Foto: Freepik.com/prostooleh

Ilustrasi ibu mengajarkan anak sikat gigi. Foto: Freepik.com/prostooleh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membiasakan anak menjaga kesehatan gigi bisa dimulai sejak dini. Tak cuma dari rutinitas menyikat gigi, tapi juga pola makan sehat hingga berkumur. Penting juga memilih pasta gigi ber-fluoride. Yuk kita simak, sejumlah cara menjaga kesehatan gigi pada anak guna mencegah bakteri, menurut Dr. Diksha Tahilramani Batra, dokter gigi, implantologist dan spesialis desain senyum di India.

1. Pasta Gigi Fluoride

Kesalahpahaman yang umum adalah menggunakan pasta gigi bebas fluoride. Untuk anak-anak, fluoride dalam konsentrasi rendah seperti yang ditemukan pada pasta gigi sangat bermanfaat untuk melindungi gigi dari gigi berlubang.

Fluoride dapat membatasi serangan bakteri pada gigi dengan mengikat ion kalsium di enamel dan juga dengan menaikkan pH air liur. Aktivitas bakteri menjadi terbatas atau terganggu pada pH tinggi atau netral.

2. Mengenalkan Obat Kumur 

Mengajari anak untuk membilas dan meludah benar-benar dapat membantu menjaga kebersihan gigi serta mulut. Jika ada kecenderungan tinggi untuk pembusukan baik secara genetik atau berdasarkan kebiasaan diet dan lainnya, maka menggunakan obat kumur adalah cara yang sangat nyaman untuk memastikan bahwa konsentrasi bakteri terutama bakteri penyebab pembusukan dan bakteri penyebab penyakit gusi tetap minimal.

3. Menyikat Gigi Dua Kali

Cobalah mempraktikkan menyikat gigi dua kali dalam sehari, bahkan jika anak Anda makan beberapa permen.

4. Flossing

Kejadian pembusukan tertinggi biasanya ditemukan di antara gigi karena area ini lebih sulit dibersihkan. Jika peralatan flossing diperkenalkan sejak dini pada anak, maka dapat belajar bagaiman membersihkan gigi mereka dari sisa-sisa makanan yang tak terjangkau sikat gigi.

5. Pola Makan Sehat

Pola makan yang tidak terlalu manis atau diproses sangat ideal untuk menjaga pH air liur tetap tinggi dan mencegah kerusakan pada gigi anak. Meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, sebaiknya anak-anak dibiasakan makan sayuran berdaun hijau dan produk susu kaya kalsium mulai dari susu tanpa pemanis hingga keju.

Sederet kebiasaan baik di atas bisa membantu Anda menjaga kesehatan gigi pada anak.

Pilihan Editor: Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini, Dukung Tumbuh Kembang Anak

WIDYA FITRIANINGSIH | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."