Terjebak di Dalam Lift, Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi: tombol lift

Ilustrasi: tombol lift

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTerjebak di dalam lift dapat menjadi pengalaman yang menakutkan dan membuat cemas. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu mengurangi kecemasan dan memastikan keselamatan orang yang berada di dalam lift.

Dilansir dari Liberty Elevator, berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika terjebak di lift:

1. Tetaplah tenang

Terjebak di dalam lift bisa sangat menegangkan. Lift akan mulai terasa panas jika semua orang terengah-engah dalam keadaan panik, yang hanya akan meningkatkan ketidaknyamanan dan kegugupan. Lakukan yang terbaik untuk tetap tenang dan usahakan agar orang lain di dalam lift tetap tenang.

2. Bunyikan alarm

Tekan tombol alarm di dalam lift dan tunggu sampai ada yang merespons. Beberapa tombol memiliki gambar bel alarm, sementara yang lain gambar telepon. Jika seseorang menjawabnya mereka akan membantu untuk menangani situasi tersebut dan memberikan instruksi lebih lanjut.

3. Gunakan cara lain untuk berkomunikasi

Jika memungkinkan siapa pun di dalam lift memiliki ponsel yang menerima sinyal, beri tahu layanan darurat tentang situasi di dalam lift.

4. Pindahlah ke bagian belakang lift

Setelah menghubungi perusahaan lift atau pemilik gedung, pindahlah ke bagian belakang lift dan badan menghadap ke depan. Ketika perusahaan lift atau layanan darurat berusaha membuka pintu secara paksa, tidak melukai orang yang di dalam lif.

5. Tetap tenang dan fokus

Tetap tenang dan fokus pada instruksi yang diberikan setelah mengabarkan situasi di lift dari petugas darurat akan memastikan orang keluar dari lift dengan aman.

Yang tidak boleh dilakukan saat terjebak di dalam lift:

1. Jangan melompat ke atas dan ke bawah

Ketika lift tidak berfungsi, beberapa orang mungkin berpikir bahwa melompat ke atas dan ke bawah akan memberikan dorongan untuk berjalan kembali. Hal ini dapat mempengaruhi sistem stabilizer mobil dan membuatnya lebih sulit untuk diselamatkan.

2. Jangan mencoba mencungkil pintu

Ketika terjebak di dalam lift, naluri tertentu akan muncul dan membuat ingin mencungkil pintu. Jika lift mulai bergerak saat pintu terbuka, orang cenderung jatuh dari lift dan menghadapi bahaya yang lebih besar.

3. Jangan mencoba keluar

Meskipun pintunya sedikit terbuka dan ada ruang bagi orang untuk keluar dari lift, tunggulah petugas darurat. Mereka akan memastikan lift dimatikan dengan benar sebelum membantu keluar. Jika mencoba keluar dari mobil sendiri, lift mungkin akan mulai bergerak lagi saat  terjebak di pintu, yang tentu saja sangat berbahaya.

4. Jangan panik

Menjaga diri dan orang lain di dalam lift tetap tenang akan membantu semua orang keluar dari lift lebih cepat.

Pilihan Editor: Jangan Panik saat Anak Sakit, Simak Tips yang Bisa Orang Tua Lakukan Berikut Ini

YOLANDA AGNE | NURHADI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."