11 Tips Penting Saat Menolong Korban Tenggelam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi tenggelam. Pixabay

Ilustrasi tenggelam. Pixabay

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bermain di air menjadi kegiatan yang sangat digemari anak-anak maupun dewasa. Bermain di kolam renang pribadi, hingga di kolam umum, risiko kecelakaan tenggelam bisa dialami siapa saja. Ketua Unit Kerja Koordinasi Emergensi dan Rawat Intensif Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Ririe Fachrina Malisie, membagikan langkah-langkah dalam menolong korban tenggelam.

1. Keluarkan Korban dari Air

Ririe menjelaskan, prinsip pertama dalam menolong korban tengelam adalah dengan menariknya keluar dari air. "Prinsipnya adalah pertolongan dalam air dan pertolongan setelah kita berhasil tarik atau keluarkan korban dari dalam air dan melakukan (penanganan) di unit kesehatan. Tujuan utamanya adalah menyelamatkan nyawa," kata Ririe saat acara diskusi di Jakarta, Selasa 23 Mei 2023.

2. Jangan Panik

Ketika melihat seseorang sedang tenggelam, korban harus segera dievakuasi dari air secepat mungkin. Ririe mengingatkan penolong tidak boleh panik dan segera memanggil bantuan.

3. Bikin Korban Agar Mengapung dengan Bantuan Alat

Jika posisi korban mudah dijangkau, raih tangan atau tubuh korban dengan tangan atau alat yang mudah mengapung seperti ban atau papan yang bisa dijadikan pegangan oleh korban.

4. Penolong Harus Bisa Berenang

Jika jarak korban di luar jangkauan, dekati korban menggunakan perahu atau penolong bisa berenang  mendekati korban. Ririe mengingatkan penolong harus memiliki kemampuan berenang dan penyelamatan yang baik.

5. Perhatikan Cara Menarik Korban ke Daratan

Jika korban tenggelam dalam kondisi sadar dan tidak panik, evakuasi korban dengan melingkarkan salah satu tangan penolong pada tubuh korban melewati kedua ketiak korban atau menarik kerah baju korban. Sedangkan jika korban mengalami panik saat tenggelam, buat korban menjadi tidak banyak bergerak untuk memudahkan evakuasi.

6. Perhatikan Posisi Korban Setelah di Daratan

Setelah mengeluarkan korban dari air, pastikan tubuh korban dibaringkan dengan posisi kepala, leher, dan punggung dalam satu garis lurus untuk menghindari cedera tulang belakang.

7. Periksa Jalan Napas

Setelah membaringkan korban, periksa dan buka jalan napas korban dengan membuka baju dan menyingkirkan benda-benda yang menghambat laju napas korban sambil mengelap tubuhnya agar dia tidak kedinginan. 

8. Perhatikan Posisi Wajah Korban Saat Berikan RJP

Ririe mengatakan wajah korban perlu menghadap ke atas sebelum penolong memberikan pertolongan pertama berupa resusitasi jantung paru (RJP).

9. Berikan RJP dengan Teknik Tepat

Penanganan RJP dapat dilakukan dengan cara melakukan kompresi pada bagian tengah dada korban sebanyak 15 kali untuk anak-anak atau 30 kali untuk dewasa. Setelah itu berikan dua kali bantuan napas buatan mulut ke mulut dan lakukan pola tersebut secara berulang sampai korban bernapas atau sadar.

Mengeluarkan air yang tertelan juga bisa dilakukan dengan menutup hidung korban sehingga air yang tertelan bisa terdorong ke luar dari mulut.

10. Pastikan Tubuh Korban Hangat

Menurut Ririe, memastikan kehangatan tubuh korban juga dapat dilakukan dengan mengganti pakaian basah korban dan menyelimuti tubuhnya. Setelah itu lakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui cedera pada bagian tubuh korban dan rawat cedera yang ada.

11. Bawa Korban ke Fasilitas Kesehatan Terdekat

Setelah memberikan pertolongan pertama, Ririe mengingatkan penolong untuk segera membawa korban ke fasilitas kesehatan atau tenaga medis untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Pilihan Editor: Ramalan Zodiak Hari Ini, Jumat, 5 Mei 2023; Perhatikan Kesehatan untuk Virgo dan Scorpio

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."