7 Tanda Kamu Siap Menjalin Hubungan setelah Bercerai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perceraian. Shutterstock

Ilustrasi perceraian. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah bercerai, kamu mungkin menghadapi fase sedih dan meratapi nasib. Ketika fase itu sudah mulai mereda, mulai menapaki fase di mana kamu bertanya-tanya apakah kamu sudah siap menjalin hubungan setelah bercerai. Apa saja tandanya? Berikut tujuh tanda kamu siap menjalin hubungan setelah bercerai.

1. Siap secara Emosional

Setelah bercerai, penting pulih dari kesedihan. Mungkin kamu berada dalam pernikahan tanpa cinta, atau kalian berdua telah asing secara emosional selama bertahun-tahun dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hubungan secara hukum. Kamu tidak akan siap menjalin hubungan jika kamu belum melalui tahap penyembuhan setelah putus.

Apa pun alasan perpisahannya, kamu dikatakan siap menjalin hubungan setelah bercera jika telah melewati sakit hati dan frustrasi dari hubungan yang tidak lagi berhasil. Jika tidak ada peluang untuk rujuk, maka menjalin hubungan setelah bercerai adalah langkah selanjutnya untuk bergerak maju dalam kehidupan.

2. Intropeksi 

Jika kamu masih pada titik menyalahkan tanpa mengambil tanggung jawab apa pun, maka kamu belum siap untuk mulai menjalin hubungan setelah bercerai. Mantan kamu mungkin telah melakukan sesuatu yang tidak dapat dimaafkan, namun itu tidak sepenuhnya membebaskanmu dari bertanggung jawab atas kesalahanmu.

Introspeksi tentang pernikahan kamu untuk mendapatkan kejelasan tentang dirimu sendiri. Apa yang akan kamu lakukan secara berbeda lain kali? Bagaimana kamu bisa menjadi orang yang lebih baik melalui pengalaman ini? Apa yang pasanganmu tunjukkan untukmu? Memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan memberi tahu apakah kamu siap untuk menjalin hubungan setelah bercerai atau tidak.

Baca juga: Rumah Tangga Penuh Masalah dan Ingin Bercerai? Simak 7 Tips Berikut Ini

3. Sudah Tidak Hidup Bersama

Jika kamu masih hidup bersama dengan pasanganmu, kamu akan menemukan dirimu dalam beberapa situasi canggung jika kamu memilih untuk berkencan saat berpisah. Kamu mungkin ingin menunggu untuk berkencan sehingga dirimu tidak menavigasi perasaan pasanganmu saat sudah tak bersama lagi.

Menunda kencan sampai dirimu menemukan situasi hidup baru akan membuatmu merasa lebih tenang dan nyaman sebelum kamu mulai berkencan. Tidak perlu terburu-buru berkencan atau menjalin hubungan baru. Mencoba berkencan saat hidup tidak pasti akan menambah stres dari situasi saat ini. Menetaplah di rumah baru sebelum kamu memilih untuk menjalin hubungan, sehingga hati kamu terbuka untuk bertemu seseorang yang baru.

4. Percaya Diri Tentang Diri Sendiri

Menjalani perceraian bisa menjadi pukulan bagi kepercayaan diri dan harga diri kamu, terutama jika pernikahanmu telah kacau untuk sementara waktu. Jangan membuat kesalahan dengan berkencan demi meningkatkan ego atau kepercayaan dirimu. Itu tidak adil untuk orang-orang yang akan kamu kencani, dan kamu mungkin akan merasa lebih buruk tentang dirimu sendiri. 

Luangkan waktu untuk menyatukan kembali dirimu secara emosional dan menumbuhkan harga diri dan kepercayaan diri sebelum menjalin hubungan setelah bercerai.

Baca juga: Tak Melulu Perselingkuhan, Komunikasi dan Ekonomi Bisa Sebabkan Perceraian

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."