Mengapa Asam Hialuronat atau Hyaluronic Acid menjadi Primadona dalam Bahan Skincare?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Diet, genetik, obat-obatan, penuaan, hormon, dan lainnya dapat menyebabkan perubahan tekstur dan warna kulit. Namun, kabar baiknya adalah masalah tersebut  dapat diselesaikan dengan satu bahan perawatan kulit atau skincare yang diandalkan dokter kulit. Itu adalah asam hialuronat atau hyaluronic acid (HA).

Asam hialuronat adalah bahan kimia alami yang diproduksi oleh tubuh yang memberikan struktur kulit. Asam hialuronat dapat menahan hingga 1.000 kali beratnya dalam air dan memiliki kemampuan untuk menyebarkan kelembapan ini secara merata ke sel-sel kulit, meningkatkan tingkat hidrasi, menghaluskan garis, dan membuat kulit tampak lebih penuh, montok, serta halus.

"Mirip dengan kolagen dan elastin, jumlah asam hialuronat alami dalam tubuh kita berkurang seiring bertambahnya usia. Dosis tambahan asam hialuronat dapat membantu menawarkan kekenyalan dan kekayaan yang dibutuhkan kulit tetap lebih muda dan lebih sehat," ujar Dr.Sajal Haldar, Orange Tree- Aesthetic and Hair Restoration Center, India, dikutip dari Hindustan Times, Senin, 1 Mei 2023.

Menurut dokter Haldar, banyak orang menggunakan asam hialuronat sebagai suplemen. Tetapi asam hialuronat juga bisa digunakan dalam serum topikal, obat tetes mata, dan suntikan. Pemberian asam hialuronat bergantung pada metode terapi.

Baca juga: Simak Manfaat Hyaluronic Acid dan Kafein untuk Merawat Kulit di Sekitar Mata

Mengenal Profhilo

Salah satu penggunaan HA yang paling canggih perawatan yang tersedia saat ini adalah Profhilo, identik dengan bio-remodelling. Ini adalah terapi injeksi dengan salah satu konsentrasi asam hialuronat ultra murni tertinggi yang ditargetkan untuk menstimulasi kolagen dan elastin di kulit. Tekstur HA juga memberikan keunggulan karena terdistribusi secara merata di titik-titik strategis yang perlu diisi, termasuk di bawah mata, dagu, leher, tangan, dan selanjutnya memperbaiki warna kulit, tekstur, kekenduran, dan hidrasi."

"Penting untuk dicatat bahwa suntikan bio-remodeling berbeda dari penguat kulit dalam metode pemberiannya yang unik dan kemampuannya untuk merangsang kolagen. Bio-remodeling juga berbeda dari pengisi kulit tradisional, karena tidak menambah volume atau menyebabkan overfilling, tetapi ditujukan untuk meningkatkan kualitas kulit secara keseluruhan," jelasnya Haldar.

"Dan bagian terbaiknya adalah hampir tidak ada waktu pemulihan setelah bio-remodelling, yang berarti, Anda dapat langsung kembali ke aktivitas normal sehari-hari."

Dalam dunia perawatan kulit, bahan-bahan trendi datang dan pergi, penelitian menunjukkan bahwa asam hialuronat bukan sekadar tren. Faktanya, ini adalah salah satu bahan perawatan kulit terbaik yang dapat digunakan untuk mengisi dan melembapkan. Karena tubuh secara alami menghasilkan asam hialuronat, zat ini jarang menimbulkan efek samping yang parah atau reaksi alergi. Namun, Dr. Hardal menyarankan untuk berkonsultasi dengan praktisi kulit tepercaya untuk memastikan bahwa asam hialuronat akan berhasil pada kulit Anda dan aman untuk Anda.

Pilihan Editor: Manfaat Hyaluronic Acid untuk Rambut, Melembapkan sekaligus Melembutkan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."