5 Mitos Skincare yang Populer, Salah Satunya Kulit Berminyak Tak Perlu Pelembap

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPerawatan kulit atau skincare adalah bagian penting dari rutinitas sehari-hari, tetapi ada begitu banyak mitos skincare di masyarakat yang menyebabkan perawatan yang tidak tepat, membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan, dan penuaan. 

Dengan memahami mitos skincare yang populer di masyarakta, kamu dapat membuat keputusan yang tepat untuk rutinitas skincare dan membantu kulit terlihat, serta terasa lebih baik. Berikut ini lima mitos skincare yang beredar di masyarakat menurut Pooja Nagdev, ahli aromaterapi dan kosmetologi, serta pendiri Inatur, dikutip dari Hindustan Times, Sabtu, 29 April 2023.

1. Tabir Surya Hanya saat Keluar Rumah dan Cuaca Cerah

Sinar ultaraviolet (UV) dapat menembus awan, bahkan pada hari mendung, jadi penting untuk memakai tabir surya setiap hari, apa pun cuacanya. Selain itu, kita harus mengoleskan kembali tabir surya setiap dua jam, atau segera setelah berenang dan berkeringat.

2. Semakin Tinggi SPF, Semakin Baik Perlindungannya

Meskipun tabir surya dengan sun protection factor (SPF) lebih tinggi menawarkan perlindungan lebih dari tabir surya dengan SPF lebih rendah, perbedaannya tidak sepenting yang kalian kira.

SPF 30 memblokir sekitar 97% sinar UVB, sedangkan SPF 50 memblokir sekitar 98% sinar UVB. Yang lebih penting dari nomor SPF adalah seberapa sering kalian mengaplikasikan tabir surya dan seberapa banyak kalian menggunakannya.

3. Sering Eksfoliasi Baik untuk Kulit

Pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi terlalu sering dapat membahayakan kulit, menyebabkan kemerahan, iritasi, bahkan jaringan parut. Dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu, tergantung pada jenis kulit kamu.

Selain itu, berhati-hatilah saat melakukan eksfoliasi dan hindari menggunakan scrub atau alat keras yang dapat merusak kulitmu.

4. Kulit Berminyak Tidak Butuh Pelembap

    Kulit berminyak pun membutuhkan kelembapan agar tetap sehat dan terhidrasi. Menggunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak sebenarnya dapat membantu mengatur produksi minyak dan mencegah munculnya jerawat.

    5. Produk Perawatan Kulit yang Mahal Selalu Lebih Baik

    Harga produk perawatan kulit belum tentu mencerminkan kualitas atau keefektifannya. Ada banyak pilihan perawatan kulit terjangkau yang sama efektifnya dengan produk yang lebih mahal. Penting untuk fokus pada bahan dan formulasi suatu produk, bukan pada label harganya.

    Pilihan Editor: Do dan Don'ts Perawatan Kulit, Jangan Abaikan Hidrasi dan Pakai Retinol Sesuai Kebutuhan

    WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."