Zaskia Adya Mecca Butuh Waktu 6 Tahun untuk Memaknai Self Love

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Zaskia Adya Mecca/Foto: Instagram/Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca/Foto: Instagram/Zaskia Adya Mecca

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sudahkah kamu peduli dan perhatian kepada dirimu sendiri? Seringkali, kita merasa jenuh akan kehidupan yang dijalani karena terkesan monoton. Oleh karena itu, penting untuk kita lebih memberi ruang kepada diri kita sendiri untuk sekadar pulih dan beristirahat agar lebih tenang menjalani hari esok. 

Dalam podcast bersama She Talks About, aktris dan pengusaha Zaskia Adya Mecca  berbagi mengenai pendapat dirinya akan pemaknaan self love yang harus dimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana kisahnya?

Menurut Zaskia, arti dari self love ini sendiri adalah tak hanya sekadar mencintai diri sendiri namun juga menerima dan mengenal diri kita lebih dalam lagi. Zaskia membagikan perjalanan mengenal dirinya sendiri yang membutuhkan waktu tak sebentar. 

Ia butuh sekitar lima hingga enam tahun untuk mengenal dirinya sendiri lebih dalam lagi. "Percaya gak percaya, aku baru mengalami itu mungkin lima atau enam tahun, baru memahami itu penting," ucap Zaskia.

Pada saat itu, Zaskia baru menyadari bahwa tak hanya keluarga, anak, dan suami saja yang penting, namun diri kita sendiri pun tak kalah pentingnya. Zaskia kerap berbagi bahwa pada saat ia memulai karier pada usia yang masih belia, 14 tahun, mungkin orang lain lihat itu adalah hal yang menyenangkan. 

"Pernah gak sih nanya ke mereka, bener-bener happy gak sih, bener-bener enjoy gak sih, karena dia sudah menjadi milik masyarakat disaat dia juga belum memiliki dirinya sendiri," ungkap Zaskia.

Tumbuh menjadi aktris dan pemeran yang sangat dipandang oleh masyarakat membuatnya tak mengenal dirinya sendiri, hingga Zaskia pun mulai bertanya-tanya sebenarnya ia mengenal dirinya atau tidak. Hingga ia mulai mencari tahu apakah sebenarnya ia happy atau tidak, ia mulai menyadari ini sejak 6 tahun yang lalu. Hidup dengan penuh ekspektasi orang lain membuat Zaskia mencari apa hal yang membuatnya senang dan enjoy pada diri sendiri.

Zaskia bersyukur bertemu dengan teman hidup dengan rentang usia yang cukup jauh, sehingga dapat mengerti lebih dalam dan tidak membatasi dengan apa yang Zaskia rasakan. Zaskia menambahkan ketika kita mengenal diri kita, otomatis kita jadi mikir apa yang akan kita raih, apa tujuannya, untuk apa. Ketika pikiran tersebut sudah berkecamuk, dan lebih eksplore tentang diri sendiri, otomatis kita akan mendekatkan diri kepada tuhan.

Ketika hubungan kita dengan Tuhan sudah baik, maka hubungan kita dengan manusia pun akan mengikuti menjadi lebih baik juga. "Jadi ketika kita mengenal diri kita sendiri, berarti kita juga mengenal Tuhan," jelas Zaskia.

Pilihan Editor: Gaya Fashion Anti-ribet Ala Zaskia Adya Mecca, Dominan Pakai One Set

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."