Mengulik Manfaat Vitamin C untuk Perawatan Kulit Wajah, Simak juga Rekomendasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah remaja dengan kulit sehat dan bercahaya. Freepik.com/Studioredcup

Ilustrasi wajah remaja dengan kulit sehat dan bercahaya. Freepik.com/Studioredcup

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun para bintang memiliki banyak produk perawatan kulit wajah, tidak semua produk yang mereka gunakan berasal dari lini produk mereka sendiri. Saat ini, semua orang mulai dari Brooke Shields hingga Lizzo mengemas produk yang mengandung vitamin C ke dalam rutinitas kecantikan mereka, membuat formula yang mengandung antioksidan menjadi salah satu produk perawatan kulit yang paling diminati di Hollywood saat ini. 

Namun menurut para ahli dermatologi, serum-serum yang sedang naik daun ini seharusnya tidak menjadi tren sesaat. "Ini bukan, dan tidak seharusnya, hanya sebuah tren - sebagai dokter kulit, saya sangat menyarankan agar kebanyakan orang memasukkan vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulit harian mereka," kata dokter kulit bersertifikat, Dr. Dendy Engelman, pada Page Six Style tentang bahan yang sedang populer ini.

Bingung harus mulai dari mana? Disini kita akan menguraikan semua serum vitamin C yang telah mendapatkan pujian dari para bintang - plus ilmu pengetahuan di balik bahannya.

Apa saja manfaat vitamin C?

"Vitamin C adalah antioksidan yang bekerja untuk melindungi kulit dari serangan lingkungan seperti sinar UV, polutan, dan banyak lagi," kata Engelman. "Vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi garis-garis halus, keriput dan hiperpigmentasi, serta mencerahkan kulit."

Meskipun ada banyak sekali produk vitamin C di pasaran, rekomendasinya meliputi Isdin Flavo-C Serum, yang juga mengandung "ginkgo biloba untuk mencerahkan, melindungi, dan meningkatkan elastisitas kulit," dan Vitamin C Ceramide Capsules dari label yang digemari para selebritis, Elizabeth Arden, yang menurutnya mengandung vitamin C yang "178 kali lebih ampuh daripada vitamin C tradisional," ditambah ceramide "untuk menguatkan dan melembapkan lapisan pelindung kulit." 

Jika riasan wajah yang kamu cari, dokter kulit ini juga memuji Glo Skin Beauty C-Shield Anti-Pollution Moisture Tint ($ 50), yang menurutnya "menyamarkan ketidaksempurnaan sekaligus memberikan perlindungan harian yang luar biasa berkat SPF 30 dan vitamin C."

Cara menggunakan serum vitamin C

Engelman merekomendasikan untuk mengoleskan serum vitamin C topikal - ia sangat menyukai serum yang "juga mengandung asam hialuronat, ceramide, dan peptida" - di pagi hari sebelum mengoleskan SPF Anda, karena serum "memberikan perlindungan tambahan dan membantu mencegah timbulnya jerawat akibat tabir surya."

"Saya biasanya merekomendasikan serum karena ukuran molekul serum yang kecil memungkinkan formulanya meresap lebih dalam ke dalam kulit," jelasnya.
Namun, meskipun vitamin C adalah "bahan yang kuat" dan "bagus untuk mendapatkan hasil perlindungan dan anti-penuaan" yang sesuai dengan yang kamu inginkan, menurut Dr. Engelman, vitamin C juga dapat menjadi bahan yang menimbulkan iritasi, terlebih pada kulit yang sensitif. (Dia merekomendasikan "menggunakan formula dengan konsentrasi rendah dalam kisaran 8-10%" dalam kasus-kasus tertentu - plus menghindari penggunaan vitamin C dan retinol secara bersamaan). 

Dibawah ini, ada beberapa rekomendasi produk yang mengandung vitamin C yang mendapatkan pujian dari para selebriti.

1. Skin Ceuticals C E Ferulic 

Dari runway hingga lokasi syuting "Euphoria", produk ini adalah salah satu formula perawatan kulit favorit para selebriti. Sydney Sweeney mengatakan kepada Byrdie bahwa dia menggunakannya setiap hari, sementara supermodel seperti Brooke Shields dan Ashley Graham juga memuji keampuhannya. 

"Produk ini mengandung antioksidan dan membuat kulit saya lebih cerah, dan sejak saya mulai menggunakannya, saya melihat perbedaan pada garis-garis halus di wajah saya," kata Shields kepada Redbook, sementara Graham mengatakan hal yang sama kepada The Strategist, "Produk ini berhasil membuat kulit saya menjadi lebih cerah. Saya terkadang bahkan tidak menggunakan pelembab di atasnya karena produk ini sangat menghidrasi."

2. BeautyStat Universal C Skin Refiner 

Hailey Bieber dikenal dengan segala sesuatu yang glowing dan bercahaya, jadi mungkin tidak mengherankan jika ia adalah penggemar vitamin C. Pilihannya adalah formula dari BeautyStat, yang ia sebut sebagai "salah satu produk andalan saya" dalam video YouTube.

3. Bliss Bright Idea Vitamin C + Tri-Peptide Brightening Serum 

Bethenny Frankel menguji serum ini di TikTok. "Tidak semua vitamin C dibuat sama," katanya dalam videonya. "Serum ini harus berfungsi sebagai serum Anda, dan menghidrasi, melembapkan, dan mencerahkan - dan seharusnya tidak perlu mengeluarkan biaya sebesar $160, yang merupakan harga yang harus kita bayar untuk mendapatkan vitamin C yang bagus," jelasnya.

Rachel Zegler juga merupakan penggemarnya, karena ia memasukkannya ke dalam rutinitasnya untuk video " Beauty Secrets " Vogue 2021.

Pilihan Editor:  Infus Vitamin C saat Berpuasa Sulit Dilakukan karena Alasan Ini

WIDYA FITRIANINGSIH | PAGE SIX 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."