5 Tanda Kamu Alami Gaslighting di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja dalam kondisi cemas. Foto: Unsplash.com/Icons8 Team

Ilustrasi wanita bekerja dalam kondisi cemas. Foto: Unsplash.com/Icons8 Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti hubungan lainnya, ada banyak hal beracun atau toxic di tempat kerja yang bisa sangat sulit untuk Anda tangani sendiri. Bos, rekan kerja, bahkan junior lainnya bisa melakukan gaslighting demi menaiki tangga kesuksesan dengan saling menjatuhkan dan cara buruk. Gaslighting adalah salah satu bentuk manipulasi psikologis yang dapat terjadi dalam berbagai konteks di tempat kerja; orang yang terkena gaslighting mungkin mempertanyakan kewarasan, ingatan, dan bahkan persepsi mereka sendiri. Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda mengalami gaslighting di tempat kerja, berikut adalah beberapa tanda yang mungkin perlu diketahui.

1. Terus-menerus Meragukan Diri Sendiri

Jika Anda mendapati diri Anda berulang kali mempertanyakan kemampuan, penilaian, atau kewarasan Anda sendiri, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami gaslighting. Pelaku gaslighting sering mencoba membuat korbannya meragukan persepsi atau ingatannya dengan mengatakan hal-hal seperti "Anda pasti salah" atau "Anda bereaksi berlebihan".

2. Sering Bingung

Anda mungkin sering merasa sangat bingung tentang pekerjaan Anda hanya karena kolega Anda mungkin dengan sengaja memberikan informasi yang tidak konsisten kepada Anda. Mereka mungkin mencoba mengubah cerita mereka untuk membuat Anda merasa bingung.

Jika Anda sering merasa tidak yakin tentang apa yang sedang terjadi atau apa yang harus dilakukan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda menjadi korban gaslighting.

3. Merasa Bersalah

Anda mungkin sering merasa bersalah karena melakukan hal yang salah di tempat kerja. Ini karena pelaku gaslighting sering mencoba mengalihkan kesalahan kepada korbannya dengan membuat mereka merasa bahwa semua yang salah adalah kesalahan mereka.

Jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus meminta maaf atau disalahkan atas hal-hal yang bukan kesalahan Anda di tempat kerja, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami gaslighting.

4. Merasa seperti Berjalan di Atas Kulit Telur

Kolega atau bos Anda mungkin mencoba mengancam atau mengendalikan Anda dengan mengintimidasi Anda. Mereka mungkin membuat Anda merasa bahwa Anda perlu berhati-hati dengan siapa Anda berbicara. Anda mungkin mendapati diri Anda terus-menerus khawatir tentang mengatakan atau melakukan sesuatu yang salah. Itu juga termasuk tanda Anda menjadi korban gaslighting.

5. Merasa Terisolasi

Anda mungkin sering sendirian di tempat kerja. Mereka yang melakukan gaslighting mungkin mencoba untuk mengisolasi Anda dari orang lain. Kondisi itu membuat Anda merasa tidak memiliki siapa pun untuk dimintai dukungan termasuk kolega atau dukungan lainnya.

Pilihan Editor: 15 Contoh Kalimat Gaslighting, Sering Bikin Kamu Tidak Percaya Diri

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."