15 Contoh Kalimat Gaslighting, Sering Bikin Kamu Tidak Percaya Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaGaslighting bisa dialami siapa saja. Mengutip laman Psychology Today, gaslighting adalah suatu masalah kejiwaan yang diindikasikan dengan sikap manipulatif dari pasangan atau lawan bicara. Dampak yang ditimbulkan bagi korban adalah orang itu menjadi tidak bisa membedakan mana yang salah dan benar. Gasligthing juga bisa membuat orang lain merasa tidak percaya diri dan mempertanyakan ingatan, sudut pandang, atau kewarasan mereka. 

Sering kali pelaku gaslighting alias gaslighter, tidak ingin disalahkan dan akhirnya membuat korban merasa tergantung secara pemikiran dan perlakuan. Gashlighter juga bisa membuat korbannya menjadi tidak yakin kepada diri sendiri. Para gaslighter biasanya memiliki sifat arogan, manipulatif dan juga pintar dalam hal berbohong. 

Pelaku gashlighter bisa dari orang sekitar seperti keluarga, teman, pasangan dan juga orang di lingkungan kerja. Berikut merupakan contoh kalimat gaslighting yang mungkin kamu pernah diarahkan ke kamu. 

1. ‘Kamu Harusnya Lebih Ngertiin Aku, Ini Semua Demi Kebaikan Kamu Sendiri’

Tidak jarang gaslighter akan pura-pura lupa dengan apa yang disampaikanmu kepadanya. Di momen ini kamu biasanya akan mempertanyakan diri sendiri.

2. ‘Masalah Sepele Selalu Kamu Lebih-lebihkan,Kamu Gila Ya?’

Kalimat ini biasanya diucapkan oleh pelaku ketika sebenarnya masalahnya itu memang besar. Pelaku gaslighting sengaja mengucapkan ini untuk kembali membuat kamu menyakini sebagai orang yang paling salah.

3. ‘Aku Selingkuh Karena Kamu Selalu Sibuk Dan Nggak Pernah Ada Waktu’

Daripada meminta maaf dan mengakui kesalahan karena telah berselingkuh, gashlighter justru akan menyalahkan kamu. Kamu harus sadar bahwa dia hanya mencari pembenaran atas perselingkuhan yang dilakukan.

4. ‘Bercanda, Kamu Saja yang Sensitif’

Biasanya gashlighter mengungkapkan pernyataan yang membuat sakit hati, lalu dia melabeli dengan kata ‘Bercanda’. Padahal kamu berhak marah, namun kalian biasanya buru-buru menyalahkan diri sendiri karena merasa terlalu sensitif.

5. ‘Masalahnya Itu Ada di Diri Kamu, Bukan Aku’

Arti gaslighting yaitu memanipulasi, jadi ingat ketika di hadapkan dengan contoh kalimat di atas, itu bukan murni kesalahan yang ada pada diri sendiri. Justru yang sebenarnya mengucapkan seperti itulah terdapat masalah dalam dirinya, namun dia menyangkalnya.

6. ‘Oh, Jadi Kamu Menuduh Aku Bohong?’

Padahal pelaku jelas sadar kalau dia sedang berbohong, dan sedang menutupi kebohongannya. Kalimat di atas biasanya diucapkan gaslighter karena ingin menutupi kesalahannya. Kalimat di atas biasanya akan membuat kamu merasa bersalah terhadap dirinya.

7. ‘Kapan Aku Ngomong Kayak Gitu? Kamu Salah Kali’

Kalimat ini biasanya diucapkannya saat kamu berusaha memberikan fakta namun para gaslighter menyangkalnya. Kalimat ini diucapkan dengan harapan kamu semakin merasa bersalah. Kamu mungkin akan langsung berpikir bahwa kamu salah dalam mengingatnya.

8. ‘Kamu Cemburuan dan Terlalu Insecure’

Contoh kalimat ini biasanya terucap pada saat kamu melihat sang pacar jalan berdua, bahkan bermesraan, dengan orang lain. Alih-alih meminta maaf, mereka justri akan mengucapkan kalimat demikian.

       
9. ‘Harusnya Bersyukur Masih Beruntung Punya Pekerjaan’

Sekilas tidak ada yang salah dari kalimat ini, memang kita harus bersyukur atas pekerjaan yang kita punya saat ini. Namun, kalimat ini menjadi terdengar sangat menyakitkan ketika diucapkan oleh orang terdekat di saat mengeluh karena berada dalam lingkungan kerja yang toxic. Padahal, mengeluh adalah hal yang wajar. Sebaiknya segeralah untuk keluar dari lingkungan toxic yang ke depannya akan semakin merusak mental, semangat.

10. ‘Kalau Kamu Tidak Punya Sifat Ini, Kejadian Ini Tidak Akan Terjadi’

Sadarlah bahwa terkadang suatu masalah hadir di hidup itu di luar kendali diri. Jangan terus menyalahkan diri sendiri ketika menghadapi suatu masalah, saat orang terdekat mengatakan contoh kalimat di atas.

11. ‘Usaha yang Kamu Lakukan Tidak Ada Apa-apanya’

Kalimat ini biasanya diucapkan justru dari orang terdekat. Akibat mendengar perkataan ini, apalagi secara terus-menerus, dapat menyebabkan rasa kurang percaya diri. Bukan hanya itu, nantinya akan terus merasa bahwa usaha yang dilakukan kurang dan tidak berharga di mata orang lain.

12. ‘Kami Lebih Tau Apa Yang Terbaik Untuk Kamu’

Kalimat ini biasanya diucapkan oleh keluarga. Mereka terkadang merasa paling tahu apa yang terbaik untuk anda namun tidak pernah menanyakan ataupun mengajak diskusi apa yang sebenarnya kalian inginkan dan butuhkan.

13. ’Berhentilah Bersikap Terlalu Dramatis’

Dalam berpasangan, sering pihak wanita sering  dianggap membesar-besarkan suatu masalah yang sedang terjadi dan bersikap dramatis. Penting untuk menilai masalah secara objektif, benarkah kamu yang terlalu dramatis atau justru pasanganmu sedang gashlingting.

14.’Anggap Hal Itu Tidak Pernah Terjadi’

Kalimat yang sering digunakan oleh gaslighter, sebagai cara untuk menutupi fakta yang ada. Korbannya akan merasa perlu melupakan suatu hal tersebut dan menganggap tidak akan pernah terjadi, meskipun sangat merasa sakit hati. 

15. ‘Rahasia Kamu Akan Aku Sebarkan’

Gaslighting artinya suatu masalah kejiwaan yang diindikasi dengan sikap manipulatif dari pasangan. Dalam contoh kalimat ini mereka sengaja menyerang titik ketakutan anda dengan menggunakan orang-orang terdekat untuk menakut-nakuti dan membuat kamu patuh kepadanya.

Itu dia beberapa contoh kalimat gaslighting. Waspadalah bila ada yang mencoba menjeratmu. 

Baca: 4 Tanda Terjerat Hubungan Asmara Gaslighting

LINTANG OLIVIA RUDIANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."