3 Bahan Skincare Ini Tidak Boleh Dipakai Bersamaan dengan Retinol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baik Anda ingin mendapatkan tekstur kulit lembut, menghilangkan jerawat, menghilangkan garis-garis halus, atau mencerahkan bintik hitam, retinol dapat membantu. Namun, tidak setiap orang harus menggunakan formula retinol yang sama. Beberapa jenis kulit dapat menoleransi produk dengan potensi tinggi, sementara yang lain harus memilih yang lebih lembut. Tapi apa pun retinol yang Anda pakai, Anda harus tahu satu hal, yakni retinol tidak cocok dengan setiap bahan perawatan kulit atau skincare di luar sana. 

Saat Anda mencampur bahan yang tidak cocok, Anda berisiko mengalami iritasi kulit, juga bisa memicu kemerahan, sensitivitas, dan bahkan kerusakan penghalang kulit. Untuk menghindari semua itu, berikut sejumlah bahan skincare yang perlu dihindari saat memakai retinol pada malam hari.

Tiga Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan dengan Retinol

1. Pengelupasan Kimiawi

Bahan-bahan seperti asam alfa-hidroksi dan asam beta-hidroksi (AHA dan BHA) adalah tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulit Anda secara keseluruhan, tetapi dapat memicu reaksi saat digunakan dengan retinol. Beberapa contoh termasuk asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, dan asam mandelic.

2. Enzim

Enzim buah sangat bagus untuk pengelupasan kulit yang lembut, tetapi bukan bahan terbaik untuk dipakai bersama retinol. Setiap reaksi dari enzim yang dicampur dengan retinol akan kurang kuat dibandingkan AHA atau BHA (karena enzim secara alami lebih lembut), tetapi reaksi tersebut tetap dapat menyebabkan iritasi.

3. Vitamin C

Meskipun vitamin C adalah bahan yang sangat disukai para ahli untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam, Anda sebaiknya menggunakannya di pagi hari dan jangan pernah mencampurnya dengan retinol.

“Kedua bahan dan formulasinya masing-masing terkadang bisa sangat mengiritasi jika digunakan bersamaan,” kata dokter kulit bersertifikat dan pembuat konten YouTube, Andrea Suarez, dikutip dari Mind Body Green pada Sabtu, 22 April 2023. Sebagai pedoman umum, gunakan vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

Baca juga: Apa Itu Retinol? Ketahui Fungsi, Manfaat, dan Efek Sampingnya pada Kulit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."