3 Bahan Skincare Ini Tidak Boleh Dipakai Bersamaan dengan Retinol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

5 Bahan Skincare Ini Boleh Dicampur dengan Retinol

Salah satu efek samping yang kurang baik dari penggunaan retinol adalah potensi iritasi. Untuk memastikan kulit Anda mendapatkan semua manfaat retinol dan tetap tenang dan rata, cari serum atau pelembap dengan beberapa bahan berikut:

1. Asam Hialuronat

Humektan ini membantu menarik air ke dalam kulit, memberikan efek montok instan pada kulit. Anda bisa menggunakan serum HA sebelum atau sesudah penggunaan retinol, namun pastikan Anda mengoleskan retinol pada kulit yang kering.

2. Ceramide

Kulit Anda secara alami mengandung ceramide, jadi masuk akal jika mengoleskannya secara topikal dapat meningkatkan hidrasi dan memelihara pelindung kulit yang sehat. Jika Anda benar-benar ingin bekerja lebih keras, Anda juga dapat mengonsumsi ceramide melalui suplemen.

3. Shea Butter

Shea butter adalah emolien yang sangat baik, artinya dapat melembutkan kulit dan mengisi celah mikro; itu juga terbukti menyegel kelembapan ke dalam kulit dan melindungi pelindung kulit. Satu studi bahkan menunjukkan bahwa shea butter memiliki efek topikal yang serupa dengan ceramide.

4. Squalane

Jika Anda ingin melapisi pelembap dengan minyak, squalane adalah pilihan yang tepat. "Ini digunakan sebagai emolien dalam perawatan kulit, yang menjaga penghalang kelembaban dan hidrasi kulit," kata Rachel Nazarian, dokter kulit bersertifikat. 

5. Panthenol

Juga dikenal sebagai provitamin B5, panthenol memiliki efek anti-inflamasi dan mendukung penyembuhan luka. Oleh karena itu, mengapa panthenol sangat cocok dengan retinol, bahan yang mencegah iritasi.

Pilihan Editor: Simak Takaran Pemakaian Skincare yang Benar, dari Retinol, AHA, hingga Niacinamide

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."