Bolehkah Minum Vitamin saat Perut Kosong?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mengkonsumsi multivitamin. Freepik.com/Ketmangostar

Ilustrasi wanita mengkonsumsi multivitamin. Freepik.com/Ketmangostar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengonsumsi vitamin adalah salah satu cara untuk menambahkan nutrisi ke dalam makanan Anda yang mungkin kurang. Anda dapat meminumnya segera setelah Anda bangun atau sebelum tidur, tetapi waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin sebenarnya bergantung pada jenis vitaminnya. Mengonsumsi vitamin di pagi hari bisa menjadi strategi yang baik untuk tetap konsisten, tetapi minum vitamin saat perut kosong alias belum makan sama sekali mungkin memiliki beberapa efek samping.

Sebelum Anda memutuskan apakah akan mengonsumsi vitamin tanpa makanan atau tidak, sebaiknya ketahui dulu jenis vitaminnya.

"Anda perlu menentukan apakah mereka larut dalam air atau lemak," kata Crystal Scott, RD, ahli diet terdaftar di Top Coaching Nutrition, Amerika, seperti dikutip dari Livestrong, pada 18 April 2023.

Vitamin yang larut dalam air termasuk vitamin C dan vitamin B kompleks, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health. Ini adalah vitamin yang akan diserap tubuh Anda dengan cepat dan tidak disimpan. Vitamin A, D, E dan K dianggap larut dalam lemak, artinya larut dalam lemak dan dapat disimpan di jaringan tubuh.

"Jika Anda mengonsumsi vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B dan vitamin C, itu bisa dikonsumsi saat perut kosong. Kemungkinan besar tidak akan menyebabkan masalah GI," kata Scott.

Sementara itu, vitamin yang larut dalam lemak, Anda perlu meminumnya dengan makanan untuk reabsorpsi.

Seperti namanya, vitamin yang larut dalam lemak paling efektif bila dikonsumsi dengan sumber lemak. Ini memungkinkan mereka untuk disimpan di dalam tubuh, jika tidak nutrisi akan melewati sistem pencernaan Anda

Baca juga: Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D, Mudah Lelah dan Rentan Sakit

Efek Samping Minum Vitamin saat Perut Kosong

1. Sakit Perut

Sakit perut adalah efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi vitamin tanpa makanan apa pun. Saat vitamin melewati usus, perut bisa menjadi iritasi jika tidak ada yang melapisinya, menurut Clinic Cleveland.

Anda dapat mencegahnya dengan makan setidaknya camilan sebelum mengonsumsi vitamin, seperti sepotong roti bakar atau sepotong kecil buah. Ini berlaku bahkan untuk orang yang biasanya melewatkan sarapan.

"Itu tidak berarti mereka harus makan besar, mereka bisa makan sesuatu yang kecil hanya untuk menghindari gangguan pencernaan," kata Scott.

2. Bisa Mengalami Gangguan Pencernaan Lainnya

Selain sakit perut, juga ada efek samping seperti mual, muntah dan diare. Rutin mengonsumsi vitamin bisa menjadi bumerang jika Anda mengonsumsi terlalu banyak sekaligus atau melewatkan makanan yang sebenarnya.

Scott merekomendasikan untuk memperhatikan dengan baik berapa banyak vitamin yang Anda konsumsi. Kemudian, pertimbangkan untuk memisahkannya jika memiliki semuanya sekaligus menyebabkan masalah pencernaan.

"Itu [mungkin] terlihat seperti mengonsumsi vitamin B di pagi hari, kemudian mungkin zat besi dan vitamin C di kemudian hari," ujar Scott. "Biasanya vitamin B adalah sesuatu yang pasti ingin Anda konsumsi saat perut kosong, terutama bagi orang-orang yang mungkin kekurangan B12, hanya untuk penyerapan maksimal."

Karena vitamin B larut dalam air, Anda dapat meminumnya dengan atau tanpa makanan kapan saja. Untuk seseorang yang memiliki kekurangan B12, mengonsumsinya dengan perut kosong akan memungkinkannya menyerap lebih cepat.

Scoot merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak (ingat, itu adalah vitamin A, D, E dan K) dengan sumber lemak seperti alpukat atau minyak kelapa.

Seberapa Buruk Minum Vitamin Saat Perut Kosong?

Semuanya bermuara pada jenis vitamin dan bagaimana tubuh Anda menanganinya. Vitamin yang larut dalam air seharusnya baik-baik saja tanpa makanan, selama Anda tidak mengonsumsinya terlalu banyak.

Tetapi jika Anda mengalami masalah perut, camilan kecil di pagi hari seperti irisan apel dan selai kacang atau roti bakar alpukat dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Jika makan di pagi hari tidak terjadi, ganti waktu Anda dan coba minum vitamin di malam hari.

Masalah pencernaan juga bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar daripada minumi vitamin saat perut kosong. Jika Anda mengalami sakit perut dan mengonsumsi vitamin dengan makanan tidak membantu menguranginya, pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter Anda untuk membantu mengidentifikasi masalahnya.

Pilihan Editor: Cegah Influenza dengan 6 Vitamin Terbaik, Jangan Lupa Sediakan di Rumah

LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."