Pahami Manfaat Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Zinc untuk Pasien Covid-19

Ilustrasi vitamin. Unsplash/Volodymyr Hryshchenko

kesehatan

Pahami Manfaat Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Zinc untuk Pasien Covid-19

Jumat, 9 Juli 2021 11:01 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasien Covid-19 dianjurkan untuk minum beragam vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yang paling sering kita dengar adalah Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan multivitamin yang mengandung Zinc. Tahukah Anda apa manfaat masing-masing vitamin untuk melawan infeksi Covid-19

Medical Senior Manager PT Kalbe Farma, Dokter Esther Kristiningrum, membagikan beberapa faktanya. “Vitamin C berguna untuk aktivitas antioksidan dan antiinflamasi. Berfungsi juga sebagai imunomodulator untuk mendukung proliferasi, neutrofil, monosit, fagosit dan meningkatkan kemotaksis dan kemampuan fagosit neutrofil serta meningkatkan aktivitas tubuh,” jelas dokter Esther dalam siaran persnya, Kamis, 8 Juli 2021.

Untuk kandungan vitamin D, dokter Esther mengungkapkan fungsinya membantu efek antiinflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan respons dari imun bawaan. Secara ilmiah vitamin ini dapat meningkatkan barier epitel dan meregulasi respons dari imunitas.

Sementara, vitamin E membantu meningkatkan produksi antibodi, membantu tubuh mempertahankan integritas membran sel, meningkatkan aktivitas makrofag, sel NK, hingga meningkatkan proliferasi sel limfosit T.

Terakhir multivitamin kandungan Zinc membantu tubuh menghambat replikasi virus. Zinc juga berfungsi menjaga barrier epitel dan mukosiliar saluran napas, menjadi kofaktor penting pada beberapa enzim yang terlibat pada sistem imun, meningkatkan aktivitas sel NK & makrofag, berperan pada proliferasi, diferensiasi, maturasi limfosit dan leukosit lainnya.

Baca juga: Warga Jakarta Mau Dapat Obat Gratis Saat Isolasi Mandiri? Siapkan Hal Ini

Vitamin dan Zinc juga termasuk dalam paket obat yang diberikan lewat 11 layanan telemedicine bagi pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang isolasi mandiri di rumah atau tempat karantina.

Kalbe Farma melalui anak usahanya yaitu KlikDokter turut terlibat dalam pemberian layanan telemedicine isolasi mandiri yang digagas oleh Kementerian Kesehatan RI.

Ada pun layanan telemedicine lainnya yang bisa menjadi rujukan untuk pengobatan COVID-19 lewat isolasi mandiri selain KlikDokter di antaranya aplikasi AloDokter, GoodDoctor, Halodoc, Klinikgo, SehatQ, YesDok, ProSehat, LinkSehat, MILVIK, dan Getwell.

Aplikasi ini bisa diunduh dan dipasang di ponsel pintar anda baik di Android maupun Iphone.

Selain rutin minum vitamin, jangan lupa pentingnya olahraga, berjemur, makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan menjaga protokol kesehatan. Hal itu berlaku untuk kita semua, tak hanya pasien Covid-19. Semoga sehat selalu.

#PakaiMasker #CuciTangan #JagaJarak #DiamdiRumah

Baca juga: Ragu Ingin Suntik Vitamin C dan Vaksin Covid-19 Bersamaan, Ini Kata Dokter