Pentingnya Pakai Tabir Surya di Dalam Ruangan, Ini Penjelasan Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai tabir surya di dalam ruangan. Foto: Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi perempuan memakai tabir surya di dalam ruangan. Foto: Freepik.com/lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTabir surya adalah produk perawatan kulit atau skincare yang perlu dimiliki dalam rutinitas perawatan kulit apa pun. Bukan hanya wajib dipakai saat ke luar ruangan, tapi juga ketika di dalam ruangan. Mengapa demikian? Risiko paparan sinar ultraviolet (UV) tetap ada saat Anda di dalam ruangan.

"Jika risiko paparan sinar matahari menjadi nol, Anda tidak perlu memakai tabir surya. Namun, jika Anda akan menghabiskan waktu di dekat jendela atau jika ada paparan sinar matahari langsung di tempat Anda berada, terlepas dari itu di dalam ruangan, ya, Anda mungkin perlu memakai tabir surya," ujar Dr Manasi Shirolikar, Konsultan Dokter Kulit, seperti dikutip dari Hindustan Times, Kamis, 20 April 2023.

"Dalam situasi yang sangat realistis, berada di dalam ruangan dan tidak terkena sinar matahari sangat tidak mungkin (kecuali jika Anda bekerja di ruangan gelap atau ruangan tanpa jendela). Jadi, pada dasarnya, jangan melewatkan tabir surya," lanjut Manasi.

Dia mengatakan banyak yang beralasan tidak memakai tabir surya di dalam ruangan karena jendela mereka seperti yang dibuat dengan kaca laminasi, yang dapat menghalangi sinar UVA dan UVB. Fitur tersebut mungkin dapat melindungi dari radiasi UV, sehingga tidak perlu memakai tabir surya. Namun, kadang-kadang, laminasi dapat terkelupas atau kacanya mungkin tidak benar-benar dapat melindungi Anda dari kerusakan akibat sinar UV.

"Dan seperti yang kita ketahui, sinar UVA dapat menyebabkan tanning sementara, penuaan, dan kemungkinan kanker kulit, sedangkan sinar UVB menyebabkan kulit kecokelatan, kulit terbakar, dan kanker kulit yang bertahan lama, jadi apakah layak mengambil risiko ini?," imbuhnya.

Selain itu, di musim panas, intensitas UV selalu tinggi, yang berarti kemungkinan indeks UV berada di atas 3 sepanjang hari sangat mungkin terjadi. Hal ini, diperhitungkan dengan panas, dan juga cuaca. kemungkinan Anda melangkah keluar, meski hanya sebentar bisa menjadi alasan yang cukup baik bagi Anda untuk memakai tabir surya di pagi hari, dan mungkin diaplikasikan kembali, jika Anda berada di luar ruangan selama lebih dari 20 menit.

Jika Anda menerapkan tabir surya di dalam ruangan, tidak hanya akan mengucapkan selamat tinggal pada penuaan dini, dan melindungi diri dari kanker kulit, tetapi juga membantu produk perawatan kulit bekerja lebih optimal. "Terakhir, jika Anda masih ingin menghindari penggunaan tabir surya saat Anda berada di dalam ruangan, tolong jangan. Tetapi jika Anda bersikeras untuk melakukannya, tarik tirai, dan mungkin jauhi sinar matahari dan sinari sebanyak mungkin," pesan Dr Manasi.

Pilihan Editor: Jangan Malas, Tetap Gunakan Tabir Surya Meskipun di dalam Ruangan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."