Mengenang Moonbin ASTRO, Debut Akting di Usia 11 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Moonbin ASTRO. Foto: Instagram @moon_ko_ng.

Moonbin ASTRO. Foto: Instagram @moon_ko_ng.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan Korea Selatan. Penyanyi sekaligus aktor, Moonbin yang tergabung dalam grup ASTRO atau lebih dikenal Moonbin ASTRO meninggal di rumahnya, kawasan Gangnam, Seoul, pada Rabu malam, 19 April 2023. Dia wafat di usia 25 tahun. Mengenang kepergiannya secara mendadak, berikut sejumlah fakta untuk mengenal lebih dekat idol K-Pop tersebut.

Debut di Dunia Hiburan usia 11 Tahun

Moonbin ASTRO merintis kariernya di industri hiburan Korea pada usia 11 tahun, seperti dikutip dari The Korea Herald, pada Kamis, 20 April 2023. Dia debut sebagai aktor cilik dalam drama Boys Over Flowers (2009) yang salah satunya dibintangi aktor Lee Min Ho.

Sebelum debut resminya di industri hiburan, Moonbin pernah menjadi model untuk merek fashion ana-anak.

Gabung ke ASTRO di Usia 18 Tahun

Pada tahun 2016, dia masuk ke kancah K-pop sebagai anggota ASTRO, yang beranggotakan enam orang di bawah naungan agensi Fantagio. Kala itu, Moonbin berusia 18 tahun dan berperan sebagai sub-vokalis dan penari utama dalam grup.

Dia dikenal sebagai sosok yang serba bisa, menunjukkan bakatnya dalam segala hal, mulai dari menyanyi dan menari hingga rap.

Dia juga diketahui berbakat dalam menulis lirik dan membuat lagu. Moonbin mengambil bagian dalam pembuatan beberapa lagu ASTRO seperti Footprint, Candy Sugar Pop, dan Madness.

Tahun lalu, Moonbin memperbarui kontrak eksklusifnya dengan Fantagio, usai kontrak tujuh tahun ASTRO berakhir.

Moonbin di Mata Penggemar

Bagi para penggemarnya, AROHA, Moonbin dikenang sebagai personel ASTRO yang paling baik hati, sering mengunggah puisi yang ditulis sendiri di komunitas penggemar dan sering menanyakan kabar para penggemarnya.

Duo dengan Sanha

Pada tahun 2020, Moonbin memperluas karier musiknya dengan membentuk subunit pertama ASTRO bersama Sanha dan sejak itu aktif berkegiatan sebagai bagian dari duo tersebut.

Awal tahun ini, Moonbin dan Sanha merilis album mini ketiga mereka, berjudul Incense, menandai kembalinya mereka setelah 10 bulan album mini kedua, Refuge.

Duo Moonbin dan Sanha telah melakukan tur dunia pertamanya Diffusion, yang dimulai di Seoul pada Maret.

Konser terakhir mereka berlangsung di Bangkok pada 8 April 2023. Moonbin seharusnya berangkat pada 7 April 2023, namun, keberangkatannya ditunda karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan.

Dia dikabarkan mengalami mual saat tiba di Bandara Incheon untuk melakukan penerbangan ke Bangkok. Setelah beristirahat sejenak, Moonbin berhasil naik pesawat dan melaksanakan konser sesuai jadwal.

Menurut laporan media lokal Thailand, Moonbin memberi tahu para penggemarnya selama konser di Bangkok bahwa dia sempat merasa tidak enak badan, tetapi merasa sedikit lebih baik. Dia juga mengatakan mencoba yang terbaik untuk merasa lebih baik.

Setelah konser, Moonbin mengatakan kepada penggemarnya melalui siaran langsung bahwa dia berolahraga untuk menjaga kesehatannya dan dapat pulih.

Duo itu dijadwalkan tampil di Makau pada Sabtu ini dan Jakarta, Indonesia pada 13 Mei 2023. Moonbin juga dijadwalkan tampil dalam "Dream Concert” yang akan berlangsung di Busan Asiad Main Stadium pada 27 Mei 2023.

Pemakaman Moonbin ASTRO akan berlangsung di Asan Medical Center di Seoul dan dilakukan secara tertutup.

Pilihan Editor: Aktris Yoo Ju Eun Meninggal, Sempat Tinggalkan Catatan Terakhir
Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."