Lebaran Sebentar Lagi, Perlukah Memberi Reward bagi Anak yang Full Berpuasa?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi ayah ajarkan anak berpuasa/Tokopedia

Ilustrasi ayah ajarkan anak berpuasa/Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, banyak anak-anak yang sampai sekarang masih full menjalankan puasa dan bertujuan bisa full sampai Lebaran tiba. Apakah sebagai orang tua perlu memberi reward kepada meraka? 

Psikolog Anisa Cahya Ningrup mengatakan jika pemberian reward merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan dalam membentuk kebiasaan baik pada anak. Reward menjadi metode penguatan, agar anak menjadi senang, lalu mengulangi perbuatan baiknya. Perilaku baik yang terus menerus diulang, akan membentuk kepribadiannya.  

Hal ini terkait dengan pembentukan kedisiplinan dan perkembangan moral anak. Dengan mendapatkan reward, anak akan memahami dan mampu membedakan mana perilaku yang baik, dan mana yang buruk.

"Reward bisa membuat anak lebih bersemangat, dan termotivasi untuk melakukannya lagi. Hal inipun juga bisa memberikan kebahagiaan dan kebanggaan bagi anak," ucapnya melalui aplikasi pesan, April 2023. 

Namun yang perlu digarisbawahi, Anisa menekankan jika sebaiknya reward bukan menjadi satu-satunya cara dalam menyemangati anak.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."