Ketahui 5 Sayuran yang Mengandung Air, Disarankan untuk Menu Buka Puasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi apel dan selada. Shutterstock.com

Ilustrasi apel dan selada. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Konsumsi sayuran yang mengandung banyak air bermanfaat untuk kebutuhan cairan tubuh setelah berpuasa. Saat buka puasa, sayur yang mengandung banyak air akan terasa menyegarkan

Mengutip WebMD, tubuh akan kekurangan cairan karena keluar melalui keringat, urine, dan buang air besar. Itu sebabnya perlu mengisi ulang cairan tubuh secara teratur.

Beberapa gejala dehidrasi antara lain urine berwarna gelap, kelelahan, pusing, dan merasa kebingungan. Tak hanya minum air, mengonsumsi beberapa jenis sayuran juga membantu menjaga cairan tubuh. 

Mengutip Healthline, berikut lima sayuran yang banyak mengandung air untuk menu buka puasa.

1. Mentimun

Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay.com/ka_re

Mentimun mengandung banyak air juga nutrisi, vitamin K, potasium dan magnesium. Dibandingkan sayuran lain mengandung air lainnya, timun tergolong rendah kalori.  Kandungan air dalam timun mencapai 95 persen dan hanya mengandung 8 kalori dalam 52 gram.

2. Selada

Bobot 72 gram selada menyediakan lebih dari 59 mililiter air dan 1 gram serat. Sayuran ini juga menyediakan 5 persen folat dari kebutuhan harian. Selada juga mengandung vitamin K dan A yang tinggi. Kedua vitamin itu menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi air dan serat dalam selada juga mengenyangkan dengan jumlah kalori yang rendah, yakni 10 dalam 72 gram.

3. Seledri

Seledri banyak mengandung air dan tergolong rendah kalori Seledri juga mengandung beberapa serat dan banyak nutrisi penting. Sayuran ini mengandung tinggi vitamin K dan potasium.

4. Tomat

Ilustrasi peterseli, tomat dan lada. Pixabay.com/Nile

Satu buah tomat ukuran sedang mengandung 118 mililiter air. Tomat juga mengandung vitamin A dan C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Adapun 32 kalori dalam 149 gram tomat. Adapun tomat juga banyak serat dan mengandung beberapa jenis antioksidan.

5. Kubis

Kubis mengandung 92 persen air yang menjaga cairan tubuh. Kubis mengandung vitamin C, vitamin K, folat, dan beberapa mineral.

Pilihan Editor: Telat Bangun Sahur? Berikut Kreasi Resep Kilat Berbahan Sayuran

WINDA OKTAVIA | BRAM SETIAWAN  | HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."