Tips Cegah Dehidrasi saat Puasa, Berbuka dengan Air Kelapa atau Jus Mint Mentimun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi susu dan air kelapa. Shutterstock

Ilustrasi susu dan air kelapa. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Belakangan ini cuaca siang hari terasa terik sekali. Terhidrasi di musim panas saat menjalani ibadah puasa juga sangat penting karena panas dan kelembapan dapat menyebabkan keringat berlebih, yang menyebabkan hilangnya cairan. Namun, harus diketahui bahwa minuman seperti itu bisa sarat dengan gula, dan sangat tidak sehat dalam jangka panjang.

Dehidrasi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kelelahan akibat panas, sengatan panas, dan sakit kepala akibat dehidrasi. Itu juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah, detak jantung cepat, dan pusing,” kata Dr G Sushma – Konsultan – Ahli Diet Klinis, Rumah Sakit CARE, Banjara Hills, Hyderabad.

Jangan khawatir, ahli gizi Lovneet Batra baru-baru ini membagikan minuman yang enak, sehat, dan akan membantu “menyegarkan dan memulihkan” tubuh Anda tanpa tambahan kalori yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa. 

Simak tips cegah dehidrasi dengan rekomendasi 3 minuman sehat berikut ini: 

1. Buttermilk

Terbuat dari yoghurt dengan tambahan garam dan rempah-rempah, buttermilk berperan penting dalam menurunkan panas tubuh dan mencegah dehidrasi. Itu penuh dengan elektrolit dan merupakan salah satu minuman terbaik untuk melawan panas dan kehilangan air dari tubuh. Buttermilk juga membantu mengatasi masalah terkait musim panas, seperti biang keringat dan kegelisahan umum.

Memuji buttermilk, Dr Sushma berkata, “Ini rendah kalori dan tinggi nutrisi, seperti kalsium dan potasium. Ini juga mengandung probiotik, yang membantu pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buttermilk dikenal untuk mengurangi keasaman, meningkatkan kesehatan usus, dan mencegah dehidrasi”.

2. Jus mint mentimun

Jus mentimun biasanya diminum pasien hipertensi. Kandungan kalium pada mentimun dipercaya dapat mempertahankan kadar sodium sehingga secara langsung bisa mencegah aterosklerosis yang mempengaruhi pengaturan tekanan darah.

Jus mint mentimun adalah minuman yang sangat baik dan menyegarkan. Ini dapat mengurangi kemungkinan serangan panas dengan kemampuan pendinginannya.

“Jus mint mentimun rendah kalori dan tinggi kandungan air. Ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang menjadikannya minuman sehat. Jus mint mentimun dikenal untuk meningkatkan pencernaan, mengurangi peradangan, dan membantu penurunan berat badan, ”kata Dokter Sushma.

3.  Air kelapa

Air kelapa adalah anugerah alam bagi umat manusia karena merupakan hidrator yang sangat baik. Komposisi ion dasar kelapa dapat menggantikan elektrolit tubuh manusia yang dikeluarkan melalui keringat seperti natrium, kalium, magnesium, dan kalsium. Efek pendinginan bekerja secara ajaib pada sistem pencernaan kita dan menurunkan iritasi pada lapisan perut.

“Air kelapa kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini juga rendah kalori dan tinggi antioksidan, yang menjadikannya minuman sehat. Air kelapa diketahui dapat meningkatkan pencernaan, meningkatkan hidrasi, dan mencegah batu ginjal.”

“Hindari konsumsi minuman manis karena dapat menyebabkan penambahan berat badan dan dehidrasi. Penting juga untuk mengonsumsi minuman dalam jumlah sedang dan menghindari overhidrasi. Seseorang juga harus memastikan bahwa mereka mengkonsumsi minuman yang bersih dan higienis untuk mencegah infeksi. Selain itu, penting untuk tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air dan cairan sehat lainnya sepanjang hari,” tutup Dokter Sushma.

Pilihan Editor: 

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."