Cara Membersihkan Jaket Suede yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jaket Suede. Freepik.com/kstudio

Jaket Suede. Freepik.com/kstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu sedang mencari cara membersihkan jaket suede? Jika iya, kamu berada di halaman yang tepat. Sebelum sampai ke detail bahan, alat, dan langkah untuk membersihkan jaket suede, ketahui dulu apa itu bahan suede? Suede adalah jenis kulit yang lebih lembut dan berkualitas tinggi yang terbuat dari bagian bawah kulit binatang. Ciri lain dari suede adalah lebih tipis dan lebih halus dari kulit tradisional.

Suede itu elegan, tetapi mudah rusak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda mulai membersihkan item berbahan suede.

Yang Harus Diperhatikan sebelum Membersihkan Produk Bahan Suede

1. Periksa Label Perawatan Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mencoba membersihkan barang suede apa pun, Anda harus membaca label perawatannya terlebih dahulu. “Kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat merawat bahan suede adalah mereka mulai membersihkan pakaian tanpa membaca label perawatannya,” kata Kristen Higgins, pakar pengujian produk konsumen untuk binatu di Henkel dikutip dari Real Simple, pada Rabu, 5 April 2023.

“Jika Anda secara tidak sengaja melepas label perawatannya, periksa situs web produsen untuk mengetahui petunjuk perawatannya. Banyak yang memiliki saran mendalam untuk perawatan, terutama jika barang tersebut memerlukan perawatan khusus, seperti anti air, ”katanya.

2. Hindari Air

Meskipun Anda mungkin menggunakan kain lembap dalam beberapa situasi untuk membersihkan suede, Anda tidak boleh membasahinya sepenuhnya dengan air. Jika hal tersebut dilakukan, bisa menodai dan merusak produk berbahan suede. 

“Sebagian besar bahan suede berpori dan menyerap air, sehingga tidak dapat dicuci di mesin cuci," kata Higgins. Biasanya, air dan sabun dapat merusak bahan suede, jadi memeriksa label perawatan pakaian sangat penting untuk menghindari kerusakan pakaian berbahan suede."

“Untuk pakaian berbahan suede yang dapat dicuci dengan mesin—seperti suede imitasi—gunakan satu atau dua tetes detergen lembut bebas pewangi seperti Purex Free & Clear, karena tidak beraroma dan keras pada kotoran. Setelah dicuci, selalu biarkan barang itu mengering,” jelasnya.

3. Produk Uji Spot sebelum Menggunakannya

Hal lain yang perlu Anda lakukan sebelum membersihkan bahan suede dengan produk apa pun adalah melakukan uji noda.

“Ingatlah untuk selalu menguji larutan pembersih apa pun pada area [item] suede yang tidak mencolok terlebih dahulu untuk memastikannya tidak merusak bahannya,” saran Hugo Guerrero, teknisi pembersih rumah bersertifikat dan konsultan di Mattressive.

Meluangkan waktu untuk menguji suede Anda dapat mencegah Anda merusak barang Anda.

Seberapa Sering Membersihkan Pakaian Suede

Untuk pakaian dan sepatu suede, Higgins menyarankan untuk membersihkan pakaian Anda setidaknya sebulan sekali agar tetap dalam kondisi baik. Anda dapat membersihkannya lebih sering jika itu adalah barang yang sering Anda pakai.

Cara Membersihkan Jaket Suede

Alat yang dibutuhkan:

- kain lembut

- sikat lembut

- cuka putih

Cara Membersihkan:

1. Keringkan Noda dengan Kain Lembut

“Untuk menghilangkan noda, jangan pernah menggosokkan noda ke kain, karena ini akan mendorong noda lebih dalam ke suede,” kata Higgins. Sebagai gantinya, gunakan kain yang bersih dan lembut untuk menghilangkan noda dan kelembapan sebanyak mungkin (jika menangani dengan noda cair baru-baru ini) sebelum menggunakan kuas untuk mengendurkan kotoran.

2. Gunakan Sikat Halus untuk Menghilangkan Kotoran dan Minyak

Sikat lembut jaket suede untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Sikat ke arah yang sama dengan butiran suede di seluruh jaket.

3. Campur Larutan Cuka untuk Noda Membandel

“Jika noda tetap ada, buat larutan air dan cuka putih dengan perbandingan 50:50 dan usapkan perlahan pada noda dengan kain bersih dan lembut," Higgins menjelaskan.

"Caranya adalah dengan melembapkan suede, bukan merendamnya." Lalu, sikat perlahan area yang ternoda lagi sebelum dikeringkan.

Jika bahan suede Anda memiliki noda minyak yang membandel, ada satu trik lagi yang dapat Anda coba sebelum mencari profesional.

“Untuk noda berminyak, taburi dengan tepung maizena untuk membantu menyerap minyak," kata Higgins. "Biarkan setidaknya selama satu jam, lalu bersihkan bedak dengan sikat lembut. Jika noda tetap ada, Anda mungkin perlu mengulangi prosesnya sampai minyak benar-benar terserap."

4. Biarkan Mengering Sendiri

Setelah dibersihkan, biarkan jaket suede Anda mengering sendiri. Setelah kering, Anda bisa menyikatnya dengan sikat lembut untuk menghaluskan suede kembali.

Terakhir, Higgins menyarankan penting juga untuk merawat pakaian suede termasuk jaket suede dengan perawatan suede dan pelindung sebelum memakainya untuk membantu mengusir kotoran dan meminimalkan risiko noda atau tanda air permanen.

Pilihan Editor: Tips Membeli, Membersihkan, dan Merawat Sepatu Berbahan Suede

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."