4 Tips Menjaga Kualitas Sepatu dan Tas Berbahan Suede

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi sepatu wanita berbahan suede. Vancouvervegan.ca

Ilustrasi sepatu wanita berbahan suede. Vancouvervegan.ca

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Item fashion berbahan suede memiliki daya tarik khusus. Mulai dari tas, sepatu bahkan topi berbahan suede ketika dipakai memberi kesan elegan pemakainnya. Namun kadang item fashion berbahan suede itu lama kelamaan warnanya memudar.

Hal tersebut bisa jadi karena kurangnya pengetahuan merawat item fashion berbahan suede. Tas, sepatu, topi atau jaket berbahan suede memang membutuhkan perawatan khusus, agar warna dan bentuknya dapat bertahan lama. Menia Polychronakis, editor fashion Mina’s Shoe Repair memaparkan tips perawatan bahan suede.

1. Lindungi dari awal
"Saya sangat menyarankan untuk membasahi semua benda suede sebelum memakainya," kata Polychronakis. “Ini mencegah noda masuk jika ada yang tumpah dan membuat suede lebih mudah dibersihkan. Saya sarankan menyemprotnya 1–2 setahun dengan pelindung air dan noda. Itu tidak mengacaukan warna atau tekstur suede. "

Ilustrasi wanita. Unsplash.com/Freestocks.org

2. Investasi sikat khusus suede
“Beli sikat suede untuk membersihkan debu dan kotoran. Jika ada kotoran di permukaan, sikat khusus ini suede dapat digunakan untuk menghilangkan sebagian besar kotoran,” tambah Menia Polychronakis seperti dilansir dari laman Marie Claire.

3. Simpan dengan benar
"Ketika tidak memakai barang suede Anda, tutuplah dengan kotak atau tas sepatu untuk mencegah debu menumpuk," catat Polychronakis. “Jika barang suede Anda sangat kotor, saya sarankan membawanya ke profesional untuk dibersihkan. Seorang profesional pasti dapat menghilangkan noda lumpur, kotoran dan garam. Tinta cukup permanen, jadi harap tutup pena tinta dan jauhkan dari kulit dan suede.

4. Pakai suede di saat yang tepat
Jauhkan diri Anda dari kekacauan ini (secara harfiah) sejak awal, dengan menjadi ahli dalam mix and match busana. “Selalu berpikir dua kali saat mengenakan denim gelap dengan sepatu suede berwarna terang atau dompet,” ujar Polychronakis.

Dan, meskipun anti air, sebenarnya sangat membantu dalam melindungi barang suede Anda, pikirkan dua kali sebelum mengenakannya dalam cuaca buruk. Garam dan bahan kimia seperti garam lainnya menggerogoti suede, tambahnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."