5 Tips Membersihkan Tas dan Sepatu dari Bahan Suede

Ilustrasi sepatu wanita berbahan suede. Vancouvervegan.ca

ragam

5 Tips Membersihkan Tas dan Sepatu dari Bahan Suede

Sabtu, 12 September 2020 09:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Cara membersihkan tas dan sepatu dari bahan suede terbilang susah-susah gampang. Mudah karena kita bisa manfaatkan sejumlah peralatan yang ada di rumah, tapi tak bisa sembarang mengaplikasikannya. Sebab salah pengerjaannya bisa meninggalkan bercak dan merusak warna serta tekstur suede.

Lima cara membersihkan tas, sepatu atau aksesori dari bahan suede, dilansir dari Times of India, Rabu, 9 September 2020

1. Pakai sikat gigi

Menyikat kering adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan suede. Gunakan sikat gigi atau sikat kuku untuk membersihkan kotoran.

2. Gunakan penghapus 

Untuk noda tertentu, gunakan penghapus berbahan suede. Alat itu mudah didapat secara online atau daring. Anda juga bisa menggunakan penghapus pensil untuk membersihkan noda.

3. Cuka putih untuk noda membandel

Untuk noda kering dan membandel, gunakan cuka putih. Oleskan sebagian cuka putih pada noda dan gosok dengan kain. Ulangi proses ini sampai noda hilang.

4. Oleskan bedak pada noda cair

Tas dan sepatu bahan suede tak sengaja kena tumpahan cairan? Tepuk cepat dengan handuk atau tisu tebal, lalu aplikasikan selapis bedak pada noda dan simpan semalaman. Setelah bedak mengering, hilangkan dengan sikat.

Jangan membersihkan bahan suede dengan air karena dapat merusak tekstur dan warnanya.

5. Lindungi dengan semprotan

Agar sepatu dan tas suede bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama, gunakan semprotan pelindung dari bahan suede. Semprotan ini akan membantu mencegah noda dan kotoran menempel di permukaan kulit.

MILA NOVITA