7 Makanan yang Rentan Sebabkan Keracunan Makanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tiram. Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi tiram. Foto: Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketahuilah ada beberapa makanan yang rentan sebabkan keracunan makanan, jika olahan dan cara penyimpanannya tidak tepat. Keracunan makanan perlu mendapat perhatian kita bersama karena bisa membahayakan tubuh, bahkan menyebabkan kematian. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat atau CDC, diperkirakan satu dari enam orang Amerika (atau 48 juta orang) sakit, 128.000 dirawat di rumah sakit, dan 3.000 meninggal karena penyakit bawaan makanan setiap tahun. Meskipun hampir tidak mungkin untuk menghindari penyakit bawaan makanan dengan cara apa pun dan kebanyakan orang cenderung pulih tanpa perlu perawatan, Francisco Diez-Gonzalez, profesor dan direktur di Pusat Keamanan Pangan di Universitas Georgia, Amerika Serikat membagikan tujuh makanan yang rentan sebabkan keracunan makanan. Artinya kita perlu kehati-hatian saat mengonsumsinya dan memilih pengolahan yang tepat.

1. Tiram

Tiram adalah pemakan filter, artinya mereka dapat mengambil unsur-unsur di dalam air, termasuk bakteri.

"Tiram adalah makanan yang berisiko tinggi menyebabkan keracunan makanan—tiram tidak hanya dapat menularkan bakteri tetapi juga virus, terutama karena sering dikonsumsi mentah," kata Dr. Diez-Gonzalez dikutip dari Well+Good, Senin, 3 April 2023.

CDC mencatat bahwa tiram dapat mengandung vibrio (penyakit usus yang disebabkan oleh bakteri kecil) dan kuman berbahaya lainnya yang dapat terkonsentrasi di jaringannya.

Cara terbaik untuk membunuh bakteri tak berbau dan berasa ini secara efektif adalah dengan memasaknya secara menyeluruh, seperti merebusnya selama tiga menit.

2. Burger Daging Sapi Langka

Burger daging sapi, yang terbuat dari daging cincang atau daging giling yang telah diproses dan memiliki risiko kontaminasi yang lebih tinggi, lebih cenderung menyebabkan keracunan makanan dibandingkan dengan steak. Natalie Alibrandi, ilmuwan makanan dan CEO Nali Consulting yang berbasis di London, mengatakan penting untuk selalu makan daging yang dimasak dengan matang.

“Daging mentah bisa mengandung bakteri berbahaya, seperti E.coli, yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Makan burger minimal dengan ukuran sedang dan matang akan menghindari risiko ini, ”kata Alibrandi.

BPOM Amerika Serikat alias USDA merekomendasikan untuk memasak daging giling hingga mencapai suhu internal 160 derajat Farenheit atau 71,11 derajat Celcius.

3. Ikan Mentah

Kebanyakan ikan mentah yang digunakan untuk membuat makanan seperti sushi sebelumnya dibekukan untuk membunuh parasit dan bakteri. Namun, menurut Dr. Diez-Gonzalez, begitu ikan ditangani, bakteri dan parasit dapat kembali dengan cepat.

Cara terbaik untuk mencegah keracunan dari ikan mentah adalah dengan memasak atau memakannya secara menyeluruh segera setelah disiapkan. Atau, seperti yang direkomendasikan Alibrandi dan Dr. Diez-Gonzalez, memasak ikan akan mengurangi risiko ini.

Baca juga: Keracunan Makanan? Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."