5 Produk Skincare untuk Atasi Kulit Kering saat Puasa, Jangan Lupa Pelembap Bibir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai lip balm. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai lip balm. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kelembapan kulit atau hidrasi kian menjadi perhatian kala berpuasa. Mengingat kita tidak makan dan minum lebih dari 12 jam, sehingga kulit lmenjadi ebih rentan alami kekeringan. Maka dari itu, pemilihan produk perawatan kulit atau skincare yang menghidrasi menjadi kunci atasi kulit kering saat puasa.

Menurut Dokter spesialis kulit dr Arini Widodo, ada lima produk perawatan kulit agar rutin dipakai saat menjalankan ibadah puasa untuk membantu menghidrasi kulit.

“Kulit yang dehidrasi selama bulan puasa dan perbedaan aktivitas yang lebih sedentary kadang mengubah kebutuhan skincare. Misal kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, baik apabila meningkatkan hidrasi kulit dan mencocokkan skincare dengan rutinitas yang berbeda selama bulan puasa," kata Arini saat dihubungi Antara, pada Minggu, 2 April 2023.

Berikut lima jenis produk skincare yang disarankan Arini

1. Pelembap Bibir

Saat berpuasa, bukan hanya kelembapan kulit yang perlu diperhatikan, tetapi juga kelembapan bibir. Biasanya, selama berpuasa akan mengakibatkan permukaan bibir menjadi mengelupas dan kering. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan pelembap bibir, lip balm, sangat dianjurkan.

2. Pelembap

Pelembap wajah atau moisturizer juga wajib digunakan secara rutin untuk menjaga kelembapan kulit. Namun jangan lupa untuk menggunakan pelembap sesuai jenis kulit masing-masing.

3. Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen akan melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Terlebih saat berpuasa, kulit pun akan lebih cepat dehidrasi jika terlalu lama terpapar terik matahari.

4. Krim Mata

Ketika bulan suci Ramadan, krim mata atau eye cream juga merupakan salah satu produk kecantikan yang perlu digunakan. Hal ini bertujuan agar kulit di area mata pun tetap terjaga kelembapannya.

5. Pembersih Wajah

Rajin menggunakan pembersih wajah, cleanser, juga perlu untuk dilakukan. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Meski wajib mencuci wajah setiap hari, Vice President Medical & Training ZAP, dr. Dara Ayuningtyas mengimbau agar tidak terlalu sering karena bisa membuat kulit semakin kering untuk beberapa tipe kulit wajah. Dia menyarankan mencuci wajah maksimal tiga kali dalam sehari.

"Semakin sering cuci muka sebenarnya semakin membuat kulit jadi kering. Bukan kalau kena air malah jadi terhidrasi. Itu nggak. Justru semakin kering apalagi menggunakan sabun pencuci wajah. Karena kadang dari komposisi sabun itu ada yang membuat kulit jadi kering. Makanya sarannya dua sampai tiga kali saja paling banyak,” tutupnya.

Pilihan Editor: Tips Cegah Dehidrasi Kulit Selama Berpuasa, Pakai Skincare yang Melembapkan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."