6 Manfaat Air Beras untuk Kulit, dari Mencerahkan hingga Mengurangi Kemerahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air beras. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi air beras. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Air beras adalah salah satu bahan alami untuk merawat kulit wajah. Sejak zaman dahulu, air beras populer digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit oleh masyarakat Asia. Salah satu manfaat air beras untuk kulit adalah mencerahkan kulit wajah. Bukan cuma itu, air beras juga bisa mencegah pigmentasi dan memudarkan flek hitam. Yuk, kita simak selengkapnya.

1. Mencerahkan Kulit

Jika Anda memiliki kulit kusam, berjerawat atau warna kulit tidak merata, fermentasi air beras bisa sangat bermanfaat. Air  beras bisa meningkatkan pembentukan kolagen di kulit dan menjadikan kulit lebih kenyal dan bercahaya. Selain itu, fermentasi air beras juga dapat membantu menghilangkan noda pada kulit seperti bekas luka dan bintik-bintik atau pigmentasi.

2. Mengontrol Pori-pori Kulit Wajah

Jika Anda memiliki pori-pori yang besar, air beras bisa menjadi toner yang sangat baik. Air beras memiliki kandungan yang dapat membantu dalam pembersihan pori-pori dan pengaturan produksi sebum pada kulit, menghasilkan pori-pori yang lebih samar dan bersih.

3. Menenangkan Kulit

Air beras sangat cocok untuk menenangkan kulit sensitif. Sejumlah penelitian terbaru menyebutkan bahwa air beras memiliki kandungan yang mampu menenangkan jerawat, kulit yang teriritasi, dan peradangan kulit lainnya. Air beras diklaim cocok untuk orang dengan kulit sensitif.

4. Melindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet (UV)

Beras juga dipercaya mampu memberikan perlindungan dari sinar UV, sehingga sejak zaman dahulu beras yang dihaluskan dan diberi air berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit.

Tepung beras juga sejak zaman dulu digunakan untuk menyembuhkan dan menenangkan kulit yang terbakar. Ini juga dapat membantu memudarkan bintik-bintik akibat sinar matahari dan pigmentasi akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

5. Efek Anti-Penuaan

Berkat kandungan antioksidan, air beras memiliki manfaat untuk mengurangi garis-garis halus serta kerutan yang menyebabkan penuaan pada kulit. Beras juga memiliki manfaat untuk membalikkan tanda-tanda penuaan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

6. Mengurangi Kemerahan dan Peradangan Kulit

Manfaat air beras untuk kulit selanjutnya adalah mengurangi kemerahan dan noda jerawat pada kulit. Selain itu, sari pati dalam air beras dikatakan dapat meredakan peradangan eksim. 

Pilihan Editor: Manfaat Air Beras untuk Rambut, Cara Penggunaan, dan Efek Sampingnya

TAUFIK RUMADAUL | BERBAGAI SUMBER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."