5 Manfaat Matcha untuk Kesehatan Tubuh, Kontrol Gula Darah hingga Bikin Kulit Glowing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bubuk matcha. Foto: Unsplash.com/Matcha & CO

Ilustrasi bubuk matcha. Foto: Unsplash.com/Matcha & CO

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kali ini, kita mengulik tentang manfaat matcha untuk kesehatan tubuh. Akhir-akhir ini, matcha semakin populer karena beragam kebaikannya untuk tubuh, bahkan banyak orang yang mengganti kopinya dengan teh bergizi ini. 

Sebelum sampai ke manfaat, kita ketahui dulu bahwa matcha adalah teh yang ditanam secara tradisional, di tempat teduh untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, dan dipanen setelah 20-30 hari ditanam. Umumnya, teh matcha dikonsumsi di negara-negara Asia Timur. Tumbuhan ini ditanam di tempat teduh 20–30 hari sebelum panen untuk menghindari sinar matahari langsung.

Berikut manfaat matcha menurut Kylie Ivanir, seorang ahli diet kesehatan usus.

1. Kaya Antioksidan

Matcha adalah antioksidan dengan potensi anti-inflamasi tertinggi yang berarti mengandung polifenol usus sehat dalam jumlah tinggi yang memberi makan bakteri usus baik Anda, mengurangi peradangan, dan menghilangkan hal-hal buruk dari tubuh Anda.

Sesuai laporan yang diterbitkan di National Library of Medicine, jumlah katekin tertentu dalam matcha mencapai hingga 137 kali lebih besar daripada jenis teh hijau lainnya.

2. Bantu Atasi kecemasan dan Kegelisahan

Matcha mengandung theanine, anti-jitter, antioksidan yang meredakan kecemasan yang menyebabkan siklus lonjakan dan kecelakaan yang lebih sedikit, lebih banyak produktivitas, dan tidak akan membuat Anda meraih cokelat batangan atau secangkir teh kedua.

"Matcha mengandung L theanine, antioksidan, yang meningkatkan relaksasi dan suasana hati," kata Deeksha Arora, ahli diet di Apollo Spectra Delhi Karol Bagh, India, seperti dikutip dari The Indian Express, pada Sabtu, 1 April 2023.

3. Mengontrol Gula Darah

Matcha mendukung metabolisme glukosa (gula). Hal ini menyebabkan lebih sedikit siklus lonjakan-tabrakan dan memberi Anda energi yang konsisten sepanjang hari. “(Matcha bantu) Mengontrol diabetes karena adanya polisakarida yang menyerap glukosa,” jelas Arora.

4. Membantu Menghilangkan Lemak

Matcha adalah pengoksidasi lemak. Berkat kandungan katekin atau EGCG yang memecah asam lemak, matcha bisa mengurangi lipogenesis (sintesis asam lemak dari prekursor non-lemak), dan menghambat penyerapan lemak makanan. Dengan demikian, matcha membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

5. Kulit Bercahaya

Jika menginginkan kulit bercahaya, menyesap matcha mungkin bermanfaat bagi Anda. Kandungan di dalamnya mengikat reseptor androgen (testosteron) yang mengekang produksi sebum atau minyak. Juga, efek anti-inflamasi matcha berarti lebih sedikit kemerahan dan kulit lebih cerah.

Pilihan Editor: Manfaat Minum Teh Hijau dan Teh Hitam untuk Kesehatan Otak

THE INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."