7 Penyebab Mata Merah saat Bangun Tidur, Sindrom Mata Kering hingga Alergi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com

Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika Anda bangun di pagi hari dan bercermin, melihat mata merah menatap Anda bukanlah pemandangan yang indah. Mata merah saat bangun tidur biasanya merupakan tanda kesehatan mata Anda terganggu, namun alasannya bisa bervariasi dari ringan hingga parah.

"Banyak penyebab mata merah saat bangun pagi mudah diatasi, tetapi beberapa bisa sedikit lebih bermasalah," kata Michelle Andreoli, MD, dokter mata dan juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology, dikutip dari LiveStrong, 28 Maret 2023.

Berikut tujuh penyebab mata merah saat bangun tidur menurut Dr. Andreoli.

1. Mengalami Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur umum yang menyebabkan pernapasan Anda berhenti dan dimulai kembali saat Anda tidur, menurut Optometrists Network. Gejalanya bisa berupa dengkuran keras dan kelelahan berlebihan di siang hari, menurut Mayo Clinic. Ini dapat menyebabkan masalah dengan kesehatan fisik Anda dan memengaruhi mata Anda.

"Satu-satunya hal paling umum yang saya lihat dalam praktik saya adalah berhubungan dengan pasien yang menderita apnea tidur obstruktif dan memakai mesin CPAP," kata Dr. Andreoli.

Terapi CPAP (continuous positive airway pressure) membantu Anda bernapas selama tidur dengan memberikan tekanan udara yang stabil melalui masker atau penutup hidung.

"Pasien yang mendengkur cenderung tidak memejamkan mata sepenuhnya saat tidur. Mesin CPAP meniupkan udara ke kelopak mata mereka sepanjang malam, dan mata cenderung menjadi sangat kering saat mereka tidur," kata Dr. Andreoli.

2. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering adalah saat mata Anda tidak mengeluarkan cukup air mata untuk tetap basah, menurut National Eye Institute. Gejala mata kering adalah rasa perih di mata, mata merah, sensitif terhadap cahaya, dan penglihatan kabur.

Dr Andreoli menjelaskan kondisi ini bisa semakin parah di malam hari jika Anda tidur dengan kipas angin di malam hari. Ini juga dapat memburuk tergantung pada posisi Anda tidur.

"Banyak orang yang tidur menyamping akan tidur dengan mata sedikit terbuka dan itu akan membuat mata Anda sangat kering saat tidur," katanya. "Jika Anda bangun dengan mata kering, mata Anda akan menjadi sangat merah."

Sindrom mata kering dapat menyerang siapa saja, tetapi Anda lebih mungkin mengalaminya jika Anda berusia minimal 50 tahun, memakai lensa kontak, kekurangan vitamin A, atau memiliki penyakit autoimun seperti lupus, menurut National Eye Institute.

Baca juga: 12 Cara Hindari Risiko Gangguan Kesehatan Mata

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."