12 Cara Hindari Risiko Gangguan Kesehatan Mata

Perempuan punya risiko tinggi mengalami gangguan kesehatan mata. (Pexels/Nicole Berro)

kesehatan

12 Cara Hindari Risiko Gangguan Kesehatan Mata

Senin, 8 Maret 2021 12:49 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak alasan yang membuat para perempuan untuk lebih memperhatikan kesehatan mata. Salah satunya adalah fakta bahwa dari gangguan penglihatan dan kebutaan terjadi pada perempuan. Selain itu, perempuan juga memiliki risiko menderita kondisi autoimun yang seringkali memberikan efek samping pada penglihatan. 

Sejumlah perubahan hormonal yang terjadi pada perempuan, terkait dengan usia, juga banyak mempengaruhi kesehatan mata. Mata kering, misalnya, lebih sering terjadi pada perempuan karena perubahan hormonal akibat penuaan. 

Berikut 12 cara yang bisa menjaga mata Anda tetap terlihat cerah dan sehat.

1. Hindari udara kering

Udara kering seperti di dataran tinggi atau iklim gurun bisa membuat mata anda kering. Angin dan asap, hingga pengering rambut dan pemanas mobil juga berpotensi mengurangi kelembaban mata. Jika tidak memiliki kelembapan yang cukup, mata bisa menjadi iritasi, gatal, dan merah. Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk membantu melembabkan mata saat berada di tempat yang kering.

2. Gunakan kantong teh hijau di kelopak mata

Saat mata bengkak atau iritasi, Anda bisa meletakkan kantong teh hijau di kelopak mata untuk mengurangi pembengkakan serta meredakan rasa tak nyaman.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi dari tahun 2011 menyebutkan polifenol yang sangat kuat dalam teh hijau, yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG), memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan pada sel-sel kornea.

3. Tingkatkan asupan asam lemak omega

Suplemen asam lemak omega-3 dan omega-6 efektif untuk pengobatan sindrom mata kering. Agar mata Anda terhidrasi dengan baik dan sehat, cobalah untuk meningkatkan asupan asam lemak ini. Beberapa sumber lemak omega-3 yang bisa Anda konsumsi termasuk, ikan salmon, ikan kembung, sarden, chia seeds, dan kenari.

4. Gunakan air mawar dan timun

Air mawar memiliki efek anti-inflamasi dan anti-infeksi, dan dapat menjadi obat yang efektif untuk berbagai kondisi mata. Anda bisa mengoleskan kelopak mata dengan kapas yang dibasahi air mawar untuk mengurangi bengkak. 

Cara lain untuk mengompres mata adalah dengan menggunakan irisan timun. Buah hijau ini mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat, serta vitamin C yang dapat menenangkan kulit dan mata lelah. 

5. Pijat mata dengan lembut

Memijat area mata dapat membantu meningkatkan drainase getah bening dan meningkatkan sirkulasi. Ini juga dapat meredakan peradangan dan mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata Anda. Berhati-hatilah untuk tidak menarik atau menyeret kulit Anda saat Anda menggerakkan ujung jari di sekitar area mata.

6. Dapatkan kualitas tidur yang baik

Kurang tidur akan membuat mata Anda tampak lelah. Usahakan untuk tidur cukup awal agar Anda bisa mendapatkan minimal 7 hingga 9 jam.

7. Lindungi mata Anda dari sinar matahari

Gunakanlah kacamata hitam dengan pelindung ultraviolet (UV) jika Anda berisiko terpapar sinar matahari langsung saat beraktivitas. Melindungi mata dari sinar matahari dapat membantu mencegah mata kering, dan juga dapat mengurangi risiko kulit terbakar pada kelopak mata atau kulit sensitif di bawah mata.

8. Minum banyak air

Minum sedikitnya 8 gelas air per hari untuk memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Tubuh yang memiliki kelembapan cukup bisa menjaga mata Anda tetap terhidrasi dengan baik. Minumlah lebih banyak air jika cuaca lebih panas dari biasanya.

9. Istirahatkan mata

Beristirahatlah setiap 20 menit sekali ketika Anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi visual, seperti menatap layar komputer. Untuk mengistirahatkan mata, coba tutup mata Anda selama beberapa menit. Anda juga bisa berkedip cepat selama beberapa detik untuk membantu menyebarkan air mata alami secara merata ke seluruh permukaan mata.

10. Gunakan obat tetes mata atau air mata buatan

Sindrom mata kering bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Mata kering juga bisa dipicu oleh penggunaan lensa kontak, beberapa obat seperti dekongestan dan antihistamin, dan alergi musiman. Jika Anda merasa mata cenderung menjadi kering dan iritasi cukup sering, pertimbangkan penggunaan obat tetes mata yang dijual bebas (OTC) atau air mata buatan. resep obat tetes mata.

11. Kurangi makanan asin

Mengonsumsi terlalu banyak garam (natrium) dapat menyebabkan tubuh Anda menahan air. Retensi air memiliki efek peradangan, yang dapat menyebabkan bengkak di sekitar mata Anda.

Baca juga: 7 Faktor Penyebab Kantung Mata Berwarna Hitam

CAPITAL WOMEN’S CARE | HEALTHLINE