7 Penyebab Mata Merah saat Bangun Tidur, Sindrom Mata Kering hingga Alergi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com

Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com

IKLAN

6. Mengidap Glaukoma

Dalam kasus yang jarang terjadi, mata merah saat bangun tidur bisa menjadi tanda glaukoma. Glaukoma sudut tertutup akut adalah kondisi serius yang disebabkan ketika tekanan mata menjadi sangat tinggi, membuat mata menjadi merah dan menyebabkan rasa sakit yang parah, Dr. Andreoli menjelaskan.

Tekanan mata mengukur tekanan cairan di dalam mata. Ini mirip dengan mengukur tekanan darah, menurut American Academy of Ophthalmology. Glaukoma menyebabkan tekanan mata yang tinggi, merusak saraf optik dan menyebabkan kehilangan penglihatan potensial.

Gejala glaukoma sudut tertutup dapat meliputi sakit kepala, sakit mata, mual, dan penglihatan kabur, menurut Glaucoma Research Foundation.

Jika tidak diobati, glaukoma sudut tertutup akut dapat membuat Anda buta, jadi sangat penting untuk didiagnosis oleh dokter spesialis mata.

7. Pendarahan Subconjunctival

Pendarahan subconjunctival adalah ketika pembuluh darah di mata pecah, menciptakan genangan darah di bagian putih mata Anda, menurut Mayo Clinic. Ini terlihat menakutkan dan mungkin membuat Anda khawatir, tetapi seperti yang dijelaskan oleh Dr. Andreoli, ini dapat terjadi tanpa membahayakan mata Anda.

"Jika Anda mengucek mata, berkedip terlalu keras, bersin, atau membuat mata gatal saat tidur, Anda bisa mengencerkan pembuluh darah di permukaan mata," katanya.

Tanda yang paling jelas bahwa Anda mengalami perdarahan subkonjungtiva adalah bangun dengan satu mata merah, tetapi tidak ada rasa sakit atau perubahan penglihatan.

"Kelihatannya mengerikan tetapi tidak mempengaruhi kesehatan mata sama sekali," kata Dr. Andreoli. "Ini mirip dengan memar. Kelihatannya lebih buruk dari yang sebenarnya."

Jika Anda alami mata merah saat bangun tidur setiap hari, ituah saatnya untuk menghubungi dokter. Mata merah disertai sakit mata atau gejala lainnya seperti kehilangan penglihatan harus segera ditangani untuk menyingkirkan (atau mendiagnosis) glaukoma.

"Mata merah apa pun bisa menimbulkan masalah sampai Anda tahu apa itu," kata Dr. Andreoli. "Mata kita relatif tidak berdaya. Mereka bisa memerah, robek dan penglihatan bisa berubah, tapi hanya itu peringatan yang Anda dapatkan. Banyak dari penyakit ini mudah diobati selama kita tahu apa itu."

Pilihan Editor: 7 Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata

LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."