7 Penyebab Mata Merah saat Bangun Tidur, Sindrom Mata Kering hingga Alergi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com

Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com

IKLAN

4. Alergi

Gejala alergi musiman termasuk batuk, bersin, hidung tersumbat, mata gatal, dan mata merah, menurut Rumah Sakit Mount Sinai, Amerika Serikat. Jika Anda memiliki alergi, mata Anda akan menjadi bengkak dan iritasi saat terkena alergen seperti serbuk sari, debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan.

Andreoli menjelaskan ketika Anda alergi terhadap sesuatu, bulu mata akan dilapisi minyak dan cenderung lengket. Saat tidur, alergen yang menempel di bulu mata kemudian masuk ke mata, dan bisa membuatnya merah dan iritasi. Jika alergi adalah penyebab utama terbangun dengan mata merah, gejala utama yang harus dicari adalah rasa gatal.

"Saya biasanya memberi tahu pasien saya bahwa di mana ada alergi, di situ ada gatal," kata Dr. Andreoli. "Kami tidak menyalahkan alergi kecuali ada rasa gatal."

5. Jerawat Kelopak Mata

Jika kulit di sekitar mata Anda merah di pagi hari, penyebabnya mungkin jerawat kelopak mata, kata Dr. Andreoli. Ya, bahkan mata Anda pun bisa mengalami jerawat.

Orang yang memiliki jerawat kronis atau rosacea juga bisa mengalami iritasi kelopak mata, katanya. Ini bisa berasal dari penumpukan minyak, kulit mati, dan sel rambut.

"Di mana ada jerawat di wajah, ada jerawat di kelopak mata. Kami menyebutnya rosacea, tapi termasuk dalam keluarga jerawat," kata Dr. Andreoli.

Menurut Mayo Clinic, rosacea mata (juga dikenal sebagai ocular rosacea), adalah saat mata meradang, menyebabkan kemerahan, gatal, dan sensasi terbakar. Ini adalah kondisi yang biasanya menyerang orang dewasa antara usia 30 hingga 50 tahun.

Baca juga: Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Mata

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."