Laudya Cynthia Bella Cerita Tantangan Dialog hingga Pendalaman Karakter di Film Buya Hamka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Laudya Cynthia Bella. Foto: Instagram/@laudyacynthiabella

Laudya Cynthia Bella. Foto: Instagram/@laudyacynthiabella

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Laudya Cynthia Bella berbagi cerita tentang proses syuting film Buya Hamka empat tahun lalu. Perempuan 35 tahun itu diketahui berperan sebagai Siti Raham, istri Buya Hamka di film yang diproduksi Falcon Pictures dan Starvision itu. Buya Hamka merupakan kali kedua bagi Bella berperan di judul film yang terkait ulama, filsuf, dan sastrawan asal Sumatera Barat. Sebelumnya, ia berperan sebagai Zainab di film Di Bawah Lindungan Kabah, terinspirasi dari salah satu novel sekaligus sastra klasik karya Hamka dengan judul yang sama.

Pertemuan Pertama dengan Falcon Pictures

Bella mengawali kisahnya dengan mengenang saat dihubungi Falcon Pictures. Di saat itu, dia baru mengetahui bahwa film Buya Hamka dibuat oleh dua rumah produksi, yakni Falcon Pictures dan Starvision.

"Jadi, empat tahun lalu, aku dipanggil sama Falcon. Menurut aku luar biasanya, setahu aku, ga ada film yang berada di bawah dua PH (production house). Aku langsung mikir wah ini film besar banget. Satu film, tapi ada Starvision dan Falcon gabung mereka untuk bikin film sebesar ini," tuturnya dikutip dari podcast The Sisters yang diunggah di kanal YouTube The Sungkars, Jumat, 31 Maret 2023.

Dia juga mengatakan kaget sekaligus senang mendapat tawaran peran tersebut. Mengingat ayahnya berasal dari Sumatera Barat. Dan, sosok besar Buya Hamka di Indonesia. 

Di awal pertemuan dengan Falcon, Bella ditanyakan seputar pengetahuannya tentang Hamka.

"Akhirnya diajak ngobrol, kan. 'Bella tahu tentang apa terkait Buya Hamka. Iya, Bella kan Padang'. Akhirnya nanya-nanya sedikit tentang Buya Hamka. Akhirnya, bismillah (menerima tawaran berperan di film Buya Hamka)," tuturnya.

Baca juga: Kisah di Balik Pembuatan Set Surau dan Kincir Angin di Film Buya Hamka, Butuh Waktu Sebulan

Tantangan Memerankan Siti Raham

Setiap aktris pasti menghadapi tantangan tersendiri saat menyelami tokoh yang diperankannya. Bella mengaku salah satu tantangannya memerankan tokoh Siti Raham, istri yang sangat dicintai Buya Hamka, adalah penggunaan bahasa Minangkabau. Meski dia berdarah Sumatera Barat, ia tidak terlalu andal dalam pengucapan kata-kata Minang.

"Kesulitan pasti ada, kita kan dari dialognya. Kita bukan Padang yang Padang sekarang. Itu bener-bener (bahasa) Padang di tahun tersebut, Padang zaman dulu banget. Kita latihan dialog dengan bahasa tersebut selama dua bulan," katanya.

Bella juga mengungkapkan ada rasa terbebani memerankan Siti Raham. Karena sosoknya di keluarga begitu kuat, tidak pernah menunjukkan jika ada kesusahan. Kesan itu didapat Bella setelah berbincang dengan anak dan cucu Hamka.

"Dan, lumayan beban. Karakternya masya allah banget. Setelah kita duduk bareng sama cucu dan anak Buya Hamka," imbuhnya.

"Anak-anak, cucu-cucunya bilang 'Ummi tuh gak pernah keliatan kalau beliau lagi susah'. Beliau ini bisa memerankan perannya sebagai seorang hamba, ibu dari 10 anak, sebagai istri walaupun keadaannya sesusah apa pun, tetap manis di depan orang," ujarnya.

Siti Raham juga dikenal juga penyayang di mata keluarganya. Dari perbincangan tersebut, Laudya Cynthia Bella mengatakan mendapatkan banyak gambaran bagaimana Siti Raham.

Pilihan Editor: Gaya Hijab Klasik Laudya Cynthia Bella Perankan Siti Raham, Istri Buya Hamka

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."