5 Manfaat Susu Kacang Mete, Menyehatkan Jantung hingga Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi susu kacang mete. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi susu kacang mete. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Susu kacang mete salah satu pilihan susu yang baik untuk para vegan. Susu kacang mete berasal dari mencampurkan kacang mete dengan air dan kemudian menyaring campuran tersebut. Menurut Saloni Jhaveri, ahli gizi di Conscious Food, susu kacang mete memiliki konsistensi krim yang kental dan rasa yang kaya, sehingga cocok untuk ditambahkan ke berbagai hidangan seperti puding, smoothie, sereal, bahkan sup.

Bagaimana dengan manfaat susu kacang mete untuk kesehatan tubuh? Berikut lima di antaranya seperti dikutip dari The Indian Express, Kamis, 23 Maret 2023.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berkat kandungan rendah lemak jenuh dan tinggi lemak tak jenuh, termasuk lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, susu kacang mete dapat meningkatkan kesehatan jantung. Lemak ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat), yang dikenal dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kacang mete juga kaya akan tembaga dan vitamin E, keduanya baik untuk fungsi pembuluh darah.

2. Penurunan Berat Badan

Karena susu kacang mete kaya akan vitamin B, yang sangat penting untuk metabolisme karbohidrat, ini dapat membantu manajemen berat badan, juga membantu mengatasi kembung.

3. Kesehatan Mata

Kaya akan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, susu kacang mete membantu mencegah kerusakan sel pada mata yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengonsumsi susu kacang mete juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), suatu kondisi mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Susu kacang mete juga mengandung seng, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan. Plus, sifat antioksidannya yang tinggi dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Kandungan triptofan membantu tidur nyenyak, suasana hati, dan anti-kecemasan, antidepresan, bagus untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

5. Menyehatkan Tulang

Penelitian telah menemukan bahwa susu kacang mete dapat melindungi dari mineralisasi tulang karena kandungan magnesium, potasium, dan kalsium yang tinggi. Susu kacang mete juga mengandung vitamin K, elemen pembangun tulang yang hebat. Satu porsi susu kacang mete dapat menyediakan hingga 12% dari kebutuhan vitamin K harian.

Sebagai penutup, Jhaveri mengingatkan bagi orang yang alergi kacang pohon, termasuk kacang mete, harus menghindari susu kacang mete.

Pilihan Editor: Penyebab Susu Basi dan Dampaknya pada Kesehatan

THE INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."