6 Masalah yang Kerap Muncul Jika Kamu Punya Pasangan Lebih Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap hubungan memiliki masalah dan tantangan yang unik termasuk jika Anda memiliki pasangan lebih tua. Ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan untuk meminimalkan pertengkaran. Contohnya, menganggap pemikiran dan pandangan pasangan sangat kuno. Ingatlah, mereka hidup lebih lama dari Anda, gaya komunikasi mereka mewakili latar belakang, pengalaman, dan pengetahuannya saat bertumbuh.

Intinya, perbedaan usia yang besar dapat ditangani dengan baik jika Anda dan pasangan benar-benar berinvestasi untuk mewujudkannya. Lantas, apa saja kemungkinan masalah yang muncul jika pasangan lebih tua? Berikut enam di antaranya.

1. Menghalangi menjadi Diri sendiri

Dari sudut pandang pasangan yang lebih tua, apakah laki-laki atau perempuan, perhatian harus diberikan untuk memungkinkan pasangan yang lebih muda menjadi diri mereka sendiri. Tidak ada pasangan yang menikmati "dibuat ulang" kecuali mereka telah menyatakan keinginan untuk menjadi atau menyetujuinya.

Ada perbedaan besar antara membimbing seseorang secara sosial dan secara sadar mengubah mereka dari atas ke bawah.

2.  Kesenjangan dalam Kematangan Emosi

Orang yang lebih tua juga harus memahami bahwa mungkin ada kesenjangan yang besar dalam kematangan emosinya dibandingkan dengan pasangannya yang lebih muda.

Namun, usia saja bukanlah barometer kematangan emosi. Ada beberapa orang usia dua puluh tahun secara emosional berusia empat puluh tahun, atau sebaliknya orang berusia lima puluh tahun menunjukkan kematangan emosi remaja. Meskipun demikian, perasaan pasangan yang lebih muda tidak boleh diejek atau ditolak.

3. Tak Sengaja Merendahkan Pasangan

Meskipun tidak selalu benar, ketika berhadapan dengan perbedaan usia yang besar dalam hubungan, pasangan yang lebih tua umumnya akan mengembangkan kemampuan komunikasi yang lebih kuat dan mendominasi berbekal pengalamannya. Tanpa disadari bisa membuat pasangannya tertekan atau merasa direndahkan.

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, penuh kasih, atau komprehensif selama perbedaan pendapat berperan besar dalam hubungan. Pasangan lebih tua yang bijak harus berhati-hati untuk tidak berbicara "di atas" atau merendahkan "ke bawah" pada belahan jiwanya.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dengan Pasangan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."