5 Alasan Mengapa Perbedaan dalam Hubungan juga Diperlukan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kecocokan saja tidak cukup untuk membuat hubungan bertahan lama. Kamu dan pasangan juga perlu memiliki chemistry dan ketertarikan. Kedua hal itu bisa tercipta bukan cuma dari kesamaan kalian berdua, tapi juga perbedaan dalam hubungan. Perbedaan tersebut bisa membuat kalian berdua mengenal lebih dalam, memperkuat ikatan emosional hingga saling menghormati.

Berikut alasan mengapa perbedaan dalam hubungan diperlukan dan bermanfaat untuk memperkuat fondasi hubungan.

1. Menambah Ketertarikan

Beberapa perbedaan dapat membantu dalam menciptakan daya tarik. Misalnya kamu dan pasangan punya latar pendidikan atau karier yang berbeda, kalian berdua bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman masing-masing. Perbedaan energi itu dapat memicu kedekatan dan ketertarikan.

Jangan memandang perbedaan di antara kalian berdua sebagai hambatan, tapi peluang untuk mengenal satu sama lain, termasuk memperoleh keragaman ilmu pengetahuan.

2. Menciptakan Koneksi

Di sinilah saatnya kamu bisa memulai untuk melihat bagaimana perbedaan kalian bisa saling melengkapi. Dua pasangan yang sama-sama santai dan mudah bergaul mungkin bisa bergaul dengan baik, tetapi mereka tidak akan memiliki gairah yang dibutuhkan untuk tumbuh bersama. Dan dua orang yang bergairah dapat menemukan diri mereka terlalu sering bertengkar, dan pada akhirnya melelahkan hubungan.

    Namun, ketika seseorang yang santai bersama dengan seseorang yang bergairah dan berapi-api, maka kamu dapat melihat bagaimana mereka saling melengkapi satu sama lain. Pasangan yang bergairah akan membawa semangat dalam hubungan, sementara pasangan yang santai akan meredam konflik.

    Orang introvert dapat menemukan pasangan ekstrovert yang menarik dan dapat keluar dari cangkangnya ketika mereka bersama. Ekstrovert menganggap introvert menarik serta ingin tahu lebih banyak tentang apa yang sebenarnya terjadi di dalamnya.

    Baca juga: Pasangan Menjauh, Hindari Melakukan 3 Hal Ini saat Memastikan Arah Hubungan

    3. Mendorong Keseimbangan Energi

    Setiap individu memiliki energi maskulin dan feminin, apa pun jenis kelaminnya. Kamu bisa memanfaatkan sisi maskulin atau sisi feminin tergantung pada apa yang kamu butuhkan dalam situasi tertentu. Dalam sebuah hubungan, perlu ada keseimbangan antara energi maskulin dan feminin agar percikan kemesraan dapat hadir.

    Dua energi maskulin bersama-sama menciptakan semangat kompetisi. Energi maskulin bersifat aktif dan fokus sehingga kehadiran energi maskulin lainnya dalam sebuah hubungan akan menciptakan dinamika kompetitif yang dimaksudkan untuk saling menantang satu sama lain.

    Dua energi feminin bersifat timbal balik. Feminin bersifat responsif, reaktif dan juga tentang menciptakan kebersamaan. Kehadiran dua energi feminin dalam sebuah hubungan akan menciptakan persahabatan timbal balik, di mana harapannya adalah setiap pasangan akan berbagi tugas dan tanggung jawab.

    Ketertarikan dan chemistry berasal dari energi maskulin dan feminin yang berlawanan. Perpaduan antara energi maskulin dan feminin ini merupakan sebuah interaksi antara keunggulan kedua energi tersebut.

    4. Belajar Toleransi

    Dalam setiap hubungan, kita selalu belajar menerapkan nilai-nilai kehidupan termasuk toleransi. Saat kamu dan pasangan menghadapi perbedaan, kalian berdua akan belajar pentingnya toleransi. 

    Rasa toleransi dalam suatu hubungan tidaklah mudah. Tak bisa dimungkiri, banyak penolakan-penolakan yang terjadi dalam hati kamu. Namun, dalam suatu hubungan bukan hanya memikirkan diri sendiri, sebab dibutuhkan dua orang dalam hubungan. 

    5. Saling Menghormati Perbedaan 

      Menghargai perbedaan memungkinkan kalian untuk saling menghargai kemampuan pasangan dalam hubungan. Salah satu dari kalian mungkin lebih baik dalam mengelola uang, dan yang lainnya mungkin lebih kreatif dan ceria. Atau barangkali salah satu pasangan hebat dalam mengatur rumah, sementara pasangan lainnya lebih suka mengasuh anak.

      Tidak peduli bagaimana perbedaan strategi atau gaya yang kalian miliki, berusahalah untuk menghargai perbedaan tersebut dan berikan dukungan kepada pasangan yang lebih sesuai untuk melakukan aktivitas tersebut. Hal ini akan menciptakan rasa saling mencintai dan menghormati yang akan semakin dalam seiring berjalannya waktu.

      Itulah beberapa alasan mengapa perbedaan dalam hubungan berperan penting memperkuat fondasi kalian berdua. 

      Pilihan Editor: 10 Tanda Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang Sehat

      WIDYA FITRIANINGSIH | YOUR TANGO 

      Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

      Iklan

      Berita Terkait

      Rekomendasi Artikel

      "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."