Gaya Omesh dan Dian Ayu Ajarkan Anak Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Konferensi Pers World Oral Health Day 2023/Pepsodent

Konferensi Pers World Oral Health Day 2023/Pepsodent

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak cara orang tua mengajarkan anak soal kesehatan gigi dan mulut. Pasangan selebritas Ananda Omesh dan Dian Ayu Lestari pun punya cara sendiri. Ia selalu mengutamakan agar anaknya, Btari Embun Anandayu dan Btara Langit Anandayu, menyikat gigi dua kali sehari.

Tentu ada banyak tantangan yang dialami Dian Ayu ketika mengajarkan hal itu kepada anak-anaknya. Menurut Dian, ia tidak mau terkesan terlalu menuntut karena menurutnya anak malah akan trauma dan tidak mau sikat gigi. "Aku tidak mau terkesan menuntut karena nanti jadi nakut-nakutin, malah dia enggak mau. Lalu enggak sikat gigi itu kan enggak memberikan efek secara langsung, jadi dia merasa enggak sikat gigi juga enggak kenapa-kenapa. Ini juga yang menurut aku tricky," ujar Dian dalam acara Pepsodent, pada Senin 20 Maret 2023.

Ananda Omesh dan Dian Ayu. Foto: Instagram Ananda Omesh dan Dian Ayu.

Kemajuan teknologi saat ini, menurut Dian, sangat membantu dia mengajak anak menyikat gigi. Terutama untuk anak keduanya yang baru berumur lima tahun, Dian mengaku selalu memanfaatkan tontonan-tontonan menarik yang ada internet. "Anak sekarang itu kan, kalau ibunya ngomong berjam-jam enggak akan didengar, tapi begitu nonton tayangan, cuma 15 detik aja dia bisa merasa 'wah'," kata Dian.

Dian lebih memilih untuk membujuk anak-anaknya melalui tayangan-tayangan yang semakin mudah diakses. "Karena bentuknya kartun, menarik, dan saat sikat gigi di rumah itu aku bisa mempraktikkan lagu-lagunya, jadi gampang banget," lanjut dia.

Tantangan lain dialami Dian ketika mengajarkan anak sulungnya soal kesehatan gigi dan mulut. Fokus pada anak sulungnya yang berusia 10 tahun adalah berusaha membuat anak untuk mau ke dokter gigi dua kali dalam setahun. Ia pun menggunakan pendekatan yang berbeda dengan anak bungsunya yang baru berusia 5 tahun.

Untungnya, menurut Dian, saat ini banyak klinik dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk anak-anak. Karena hal itu, Omesh mengaku kaget karena anak-anaknya lah yang kini sering mengajak orang tuanya ke dokter gigi. "Saya kaget, anak-anak itu nanyain kapan ke dokter gigi lagi. Katanya soalnya di sana ada tempat mainnya, aku senang banget. Jadi mereka yang minta," kata Omesh.

Omesh dan Dian Ayu juga tidak lupa memberikan contoh baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, misalnya menyikat gigi di kamar mandi anak-anak saat mereka sedang bersih-bersih atau mencuci tangan. "Nanti minimal akan timbul pertanyaan 'kenapa sikat gigi lagi? kan tadi pagi udah', ya aku jawab 'kan aku udah makan tadi, nanti aku takut ada monster dalam gigi aku, terus gigi aku rusak, terus aku sakit gigi'. Dari situ akhirnya dia juga ikutan sikat gigi sebelum tidur," ujar Dian.

Pilihan Editor: Hari Ibu, Omesh Janjian dengan Anaknya Bikin Surprise ke Dian Ayu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."