Jelang Ramadan, Ini Kiat Shireen Sungkar Ajarkan Anaknya Berpuasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Shireen Sungkar/Foto: Instagram/@Shireen Sungkar

Shireen Sungkar/Foto: Instagram/@Shireen Sungkar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jelang datangnya bulan suci Ramadan, aktris Shireen Sungkar berbagi cara mengajarkan anak untuk ikut berpuasa sejak dini. Menurut ibu tiga anak ini, sebenarnya kalau mengenal anak puasa harus pelan-pelan dan tidak bisa dipaksakan. Karena sebenarnya tidak wajib jika itu anak-anak.

"Jadi saya, berdasarkan pengalaman saya, membuat rutinitas yang berbeda dari bulan-bulan lainnya yang membuat mereka kangen dengan bulan Ramadan," ujar Shireen saat ditemui di acara Keju KRAFT Ramadhan Campaign 2023 di Jakarta Selatan, Senin, 20 Maret 2023. 

“Lebih dikenalkan sebagai kayak bukan sesuatu yang harus ini atau itu. Tapi itu lebih cocok untuk usia yang sama. Diberitahu mengapa berpuasa, menceritakan kesenangan. Misalnya, 'Masya Allah, Tuhan itu sangat baik. Kita harus bersyukur' dan seterusnya. Jadi anak-anak lebih bahagia. Ini bukan sesuatu seperti 'Nanti, jika kamu tidak berpuasa, kamu akan mendapatkan ini.' Suasananya menyenangkan," tambahnya.

Agar bisa menemani anak-anaknya berpuasa, Shireen memilih tak banyak mengambil pekerjaan. Dengan demikian, ia bisa menghabiskan waktu untuk menciptakan momen spesial bersama keluarganya.

“Sebelum berbuka puasa, saya sangat suka melakukan sesuatu dengan anak-anak. Karena seperti momen yang tidak terulang lagi saat mereka sudah besar, dan mereka sangat bahagia dari tahun ke tahun meski adiknya belum mulai berpuasa," ujar Shireen.

“Itu momen rutinitas yang ingin saya bangun. Itu sebabnya saya selalu mengatakan Ramadan saya tidak ingin terlalu kenyang. Karena momen buka puasa jangan sampai hilang begitu saja," imbuhnya.

Selain menciptakan momen spesial bersama anak, Shireen juga punya cara lain untuk mengenalkan puasa kepada anak-anaknya. Meski tidak berpuasa, Shireen mengaku tetap membangunkan anaknya untuk makan sahur bersama.

“Meski belum ikut puasa, saya tetap bangun untuk makan sahur. Sehingga mereka berbagi bahwa sahur bukanlah sesuatu yang malas tapi menyenangkan. Makanya harus didukung dengan memasak makanan yang menarik juga. Jadi bikin sesuatu yang spesial mulai dari suasana rumah sampai makanannya," ujarnya. 

Pilihan Editor: Tips Makeup Flawless ala Shireen Sungkar, Fokus pada Lipstik Warna Natural

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."