7 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita PCOS

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kue kering atau cookies. Unsplash.com/Denisse Leon

Ilustrasi kue kering atau cookies. Unsplash.com/Denisse Leon

IKLAN

4. Makanan yang Digoreng

Jenis makanan ini termasuk tingkat tinggi lemak jenuh dan trans yang berbahaya. Selain bisa menyebabkan penambahan berat badan, makanan yang digoreng dapat meningkatkan gula darah dan menyebabkan masalah kembung serta pencernaan. Makanan yang digoreng juga menyebabkan inflamasi, yang memperparah gejala PCOS. Anda harus menghindari mereka sepenuhnya.

5. Daging Olahan

Salami, hot dog, dan sosis adalah daging olahan dengan jumlah lemak jenuh dan garam yang tinggi. Ini memiliki potensi untuk meningkatkan berat badan. Daging olahan juga dapat menciptakan peradangan, yang memengaruhi keseimbangan hormon tubuh. Daging sapi olahan juga kaya akan garam. Maka dari itu, makanan tersebut termasuk dalam pantangan makanan penderita PCOS.

6. Daging Merah

“Makan daging merah secara berlebihan, seperti steak, babi, dan hamburger, dapat menurunkan kadar progesteron. Hormon ini diperlukan untuk kehamilan dan siklus menstruasi yang normal. Ini juga meningkatkan peradangan dalam tubuh," kata Chawla.

Selain itu, daging merah mengandung lemak tidak sehat yang berkontribusi terhadap pertumbuhan berat badan. Jadi, jika mengonsumsinya dapat memperparah gejala PCOS,” tambahnya.

7. Alkohol

Alkohol adalah salah satu minuman yang paling jelas untuk dihindari secara gizi. Minum minuman alkohol telah dikaitkan dengan insiden kerusakan hati yang lebih tinggi pada penderita PCOS. Menurut Chawla, risiko ini memengaruhi semua wanita dengan PCOS, berapa pun berat badannya. Asupan alkohol juga dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen-progesteron.

Selain mengetahui makanan dan minuman yang harus dihindari penderita PCOS, ketahui pula makanan yang disarankan dikonsumsi seperti buah-buahan (pepaya, pisang, apel, kiwi), sayuran (brokoli, kembang kol, sayuran berdaun hijau), Kacang-kacangan (kacang merah, kacang kenari), buah ara, Kurma, beras merah, oat, dan jaggery sebagai pengganti gula. Dan, tak lupa rutin berolahraga dan cukup beristirahat, kata Chawla.

Pilihan Editor: 4 Suplemen yang Disarankan untuk Penderita PCOS, Omega-3 dan Inositol

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."