6 Tanda Hubungan Tidak Sehat, Cemburu Tak Berujung hingga Pelecehan Emosional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika Anda berada dalam hubungan tidak sehat, mungkin sulit untuk menyadari hal itu. Karena hubungan memiliki pasang surut antara positif dan negatif secara alami, mungkin Anda tidak mengenali perilaku merusak yang bersembunyi di balik kedok cinta.

Sebagai contoh, apa yang terasa seperti perhatian yang ditunggu-tunggu mungkin sebenarnya adalah rasa membutuhkan dalam jangka panjang. Serta apa yang mungkin terdengar seperti hujan pujian mungkin merupakan awal dari manipulasi di kemudian hari.

Yang terpenting adalah mengetahui bagaimana mengenali kapan hubungan tidak sekokoh yang kalian pikirkan. Berikut adalah tujuh tanda hubungan tidak sehat.

1. Visi Misi Tak Selaras

Seperti halnya kepribadian, vis misi berumah tangga perlu selaras. Mungkin Anda memandang stabilitas rumah tangga dengan kehadiran anak-anak dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dari dalam komunitas, tapi pasangan Anda ingin melihat dunia dari kacamata tanpa adanya tujuan yang jelas.

    Sebelum mengambil risiko patah hati dalam waktu dekat, sebaiknya kalian berbicara dari hati ke hati sebelum melangkah ke arah yang serius

    2. Terlalu Bergantung

    Semua perhatian di awal mungkin mengisi kekosongan dalam hidup Anda untuk sementara waktu. Namun ketika tiba-tiba berubah menjadi ketergantungan dan ketidakmampuan untuk menangani waktu sendirian, maka sebaiknya Anda harus waspada dan itu termasuk bendera merah atau red flag.

    Kalian berdua harus mempertahankan individualitas kalian, bahkan saat kalian membangun identitas yang terpisah sebagai pasangan. Miliki minat, hobi, teman, dan ruang gerak Anda sendiri.

    Rasa ketergantungan adalah indikasi dari rendahnya harga diri dan kepercayaan diri, dan tidak satu pun dari masalah tersebut yang berkontribusi pada kekuatan sebuah hubungan.

    Baca juga: 7 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Pasangan

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."