Penyebab Rumah Sering Berdebu, meski Rutin Dibersihkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan suami istri dan pekerjaan rumah tangga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi pasangan suami istri dan pekerjaan rumah tangga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

Cara Mengurangi Debu di Rumah

Salah satu solusi mudah untuk mengurangi debu di rumah adalah dengan menyedot debu lebih sering. Jika memang Anda sudah menyedot debu setiap minggu atau lebih, Anda mungkin perlu mengganti atau membersihkan filternya. Jika penyedot debu memiliki penampung kotoran, maka harus dikosongkan setelah digunakan untuk memaksimalkan penyedotan.

Jika rumah Anda memiliki masalah debu yang parah atau memiliki hewan peliharaan, ada baiknya mempertimbangkan robot penyedot debu. Anda dapat memprogramnya untuk membersihkan setiap hari. Yang terpenting, robot penyedot debu sangat bagus untuk menghilangkan debu di bawah perabot yang besar atau rendah di mana penyedot debu tegak standar atau bahkan penyedot debu tongkat tidak akan selalu muat.

Cara lain untuk mengurangi debu adalah dengan mengganti filter dalam sistem HVAC rumah. Apakah sistem pemanas dan pendingin ruangan menggunakan pemanas dan pendingin ruangan sentral atau unit jendela, jika Anda tidak ingat kapan terakhir kali filternya diganti, itu berarti sudah waktunya untuk diganti. Dr. Cajigal menyarankan untuk memasang filter baru setiap satu hingga tiga bulan.

Kamu mungkin juga perlu membeli pembersih udara untuk menghilangkan partikel debu dari udara. "Pembersih udara berbasis filtrasi adalah cara yang bagus untuk mengurangi jumlah debu yang mengendap di permukaan dan seberapa sering kamu harus membersihkan permukaan," kata Chris Dooley, salah satu pendiri Puraclenz.

Terakhir, mungkin Anda hanya perlu mengelap permukaan yang kotor untuk menghilangkan debu lebih banyak. Gunakan kain mikrofiber atau kemoceng jika memungkinkan.

Cara Mengurangi Tungau Debu

Jika salah satu anggota keluarga menderita alergi atau asma, perjuangan Anta tidak hanya berhenti sampai menyingkirkan debu. Meskipun tungau debu itu sendiri berukuran mikroskopis, bagian tubuh dan kotorannya dapat menjadi alergen yang kuat bagi mereka yang rentan. Dan, bisa berdampak bersin-bersin, pilek, mata gatal, hidung tersumbat, kesulitan bernapas, dan banyak lagi.

Sayangnya, hampir tidak mungkin untuk menghilangkan tungau debu untuk selamanya, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini secara signifikan. Selain menggunakan tempat tidur anti-alergi dan mengurangi penumpukan debu, seperti yang dijelaskan di atas, sering mencuci tempat tidur Anda dengan siklus panas (setidaknya 130 F) juga dapat membunuh tungau debu saat mereka datang dan membersihkan tempat tidur dari serpihan kulit mati, yang digunakan tungau sebagai makanan.

Semua ini mungkin terdengar sedikit menakutkan, dan bahkan menjijikkan, tetapi setelah Anda membuat rutinitas membersihkan rumah, hal ini dapat membuat perbedaan besar pada tingkat debu di rumah dan bagaimana perasaan Anda di ruangan.

Pilihan Editor: 3 Resep DIY Pembersih Bebas Noda dan Bau untuk Membersihkan Rumah

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."