3 Resep DIY Pembersih Bebas Noda dan Bau untuk Membersihkan Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah. (Pexels/RODNAE Productions)

ragam

3 Resep DIY Pembersih Bebas Noda dan Bau untuk Membersihkan Rumah

Senin, 3 Mei 2021 13:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak bahan kimia yang bisa dan biasa digunakan untuk membersihkan rumah. Beberapa item di dapur Anda seperti soda kue dan cuka berfungsi sebagai pembersih serbaguna buatan sendiri yang efektif. Produk alami ini akan menendang kotoran dan tak mengosongkan dompet Anda. Berikut adalah resep dan cara membuat pembersih alami DIY yang bisa digunakan untuk membuat rumah Anda bebas noda dan bau.

1. Pembersih Serba Guna Beraroma

Bahan:

  • Satu bagian cuka putih
  • Satu bagian air
  • Kulit lemon
  • Tangkai rosemary

Cara membuat dan menggunakan: 

Gabungkan bahan-bahan di atas menjadi satu, tuangkan ke dalam botol semprot, kocok, lalu biarkan meresap selama seminggu sebelum digunakan. Setelah selesai, Anda bisa menggunakan pembersih serba guna buatan sendiri untuk menghilangkan noda air, membersihkan tempat sampah, menyeka noda dinding, dan banyak lagi. Selain aromanya yang segar, kulit lemon dapat membantu meningkatkan daya pembersihan. Perhatian: Jangan gunakan pembersih asam pada granit, karena akan menggores batu.

2. Pembersih Dapur dan Pengharum Ruangan

Bahan:

  • 4 sendok makan soda kue
  • 1 liter air hangat

Untuk membersihkan meja dapur, peralatan, dan bagian dalam lemari es Anda, yang Anda butuhkan hanyalah soda kue. "Itu adalah pengharum yang bagus dan dapat digunakan untuk mengilapkan bak cuci piring dan peralatan stainless steel," kata Carolyn Forte, direktur dari Good Housekeeping Institute Cleaning Lab. Untuk menghilangkan bau pada permukaan, gunakan pembersih buatan sendiri dengan larutan soda kue di atas atau tuangkan soda kue langsung dari kotak dan ke saluran pembuangan atau tempat pembuangan sampah untuk menghilangkan bau. Untuk mengilap dan menghilangkan noda pada baja tahan karat, buat pasta dari soda kue dan air. Oleskan dengan kain lembab dan gosok perlahan searah serat logam. Bilas dan keringkan.

3. Scrub Noda Membandel

Bahan:

  • 1/2 buah lemon
  • 1/2 cangkir bubuk boraks

Celupkan lemon ke dalam boraks dan gosok permukaannya, lalu bilas. Namun, campuran ini tidak aman untuk marmer atau granit. 

Itu tadi tiga cara menggunakan bahan alami untuk membersihkan rumah dan menghilangkan bau. Mempelajari beberapa tip pembersihan yang mudah dapat membantu Anda mengelola tingkat stres dan membuat rumah Anda bersih dalam waktu singkat.

Baca juga: Takaran Membuat Cairan Disinfektan untuk Membersihkan Rumah

WOMAN'S DAY