Hidung Tersumbat Sebelah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi hidung. shutterstock.com

Ilustrasi hidung. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hidung tersumbat sebelah bisa terjadi ketika Anda sakit atau alami alergi. Tapi kadang Anda mungkin alami itu setelah tidur malam yang nyenyak tanpa alasan sama sekali. Apa pun penyebabnya, hidung tersumbat sebelah tidak pernah menyenangkan. Kabar baiknya adalah hidung tersumbat sebelah bisa diatasi dengan beberapa intervensi gaya hidup sederhana.

Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah

1. Siklus Hidung

Menurut Anthony Cornetta, ahli telinga, hidung, tenggorokan (THT) bersertifikat di NYU Langone, Amerika Serikat, tubuh secara alami mengalami sesuatu yang disebut "siklus hidung" di mana hidung tersumbat bergantian di antara kedua lubang hidung Anda. Ini terjadi ketika konka hidung, struktur kecil di hidung yang membersihkan dan melembapkan udara yang Anda hirup, tersumbat.

"Konka inferior adalah yang menyebabkan aliran udara terbatas saat tersumbat. Konka juga bisa bengkak di satu sisi lebih dari yang lain karena alergi," kata Dr. Cornetta, seperti dilansir dari laman Pop Sugar, pada 10 Maret 2023.

Jika alergi, Anda mungkin juga bersin atau gatal, mata berair. Untuk memperbaiki masalah ini, ia merekomendasikan semprotan steroid hidung atau antihistamin hidung. Jika masalah terus berlanjut dan mengganggu kualitas hidup Anda, inilah saatnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

2. Tidur Menyamping

Tidur menyamping adalah posisi yang nyaman bagi sebagian besar dari kita, tetapi jika hidung tersumbat sebelah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengubah cara tidur Anda.

"Tidur miring dapat menyebabkan hidung tersumbat," kata Dr. Cornetta.

Untuk mengatasinya, Dr. Cornetta menyarankan untuk tidur dengan posisi agak ditinggikan, disandarkan pada bantal.

3. Septum yang Menyimpang

"Sekat hidung adalah bagian tengah hidung yang memisahkan rongga hidung kanan dan kiri," Dr. Cornetta menjelaskan.

"Sebuah septum yang menyimpang adalah ketika partisi ini bengkok atau cacat." Ketika dinding tipis yang memisahkan lubang hidung Anda dipindahkan ke satu sisi tertentu, ukuran lubang hidung Anda menjadi berbeda. Bernapas melalui sisi yang lebih kecil lebih sulit dan dapat menimbulkan perasaan bahwa salah satu sisi hidung Anda tersumbat secara kronis.

"Ini sangat umum dan jarang septum seseorang benar-benar lurus," kata Dr. Cornetta. Septum yang menyimpang tidak perlu dikaitkan dengan trauma. Ini sering terjadi saat tulang wajah kita tumbuh dan berkembang. Memperbaiki septum yang menyimpang membutuhkan pembedahan. Jika Anda khawatir memiliki septum yang menyimpang, bicarakan dengan dokter Anda.

4. Polip Hidung

Polip hidung dapat tumbuh di dalam hidung dan menghalangi pernapasan, meskipun Dr. Cornetta mengatakan hal ini jarang terjadi dan biasanya disertai dengan gejala lain seperti tekanan pada dahi dan hilangnya rasa atau penciuman.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Setelah didiagnosis dengan polip hidung, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat semprot hidung, obat oral, atau, dalam beberapa kasus, suntikan steroid atau pembedahan tergantung pada tingkat keparahannya.

5. Minum Minuman Alkohol

Anggur, bir, dan minuman beralkohol sering kali mengandung histamin, senyawa yang menimbulkan respons alergi (seperti bersin dan hidung tersumbat), menurut GoHealth Urgent Care. Alasan lainnya adalah bahwa beberapa orang memiliki kadar enzim yang lebih rendah yang dibutuhkan tubuh untuk memecah alkohol, dan ketika produk sampingan alkohol tidak dipecah dengan cukup cepat, dapat menyebabkan reaksi alergi ringan seperti hidung tersumbat sebelah, menurut laporan GoHealth.

Yang Harus Dilakukan saat Hidung Tersumbat Sebelah

Tidak perlu khawatir jika alami lubang hidung tersumbat sebelah karena itu masalah yang sangat umum, kata Dr. Cornetta. Akan tetapi, tetap saja  hal itu dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang dan seringkali juga memengaruhi tidur. Untungnya, ada banyak obat hidung dan mulut yang dijual bebas yang dapat dicoba orang, kata Dr. Cornetta. Menggunakan pelembap, air minum, cairan bening untuk membersihkan lendir, dan mengubah posisi tidur dapat membantu.

Di lain waktu, seperti dalam kasus deviasi septum atau polip hidung, dokter dapat membantu menilai kondisi dan menyarankan perawatan yang tepat, baik itu obat yang diresepkan, injeksi steroid, atau pembedahan. Setiap kali hidung tersumbat sebelah secara signifikan memengaruhi kualitas hidup, Anda harus mencari perawatan medis, kata Dr. Cornetta.

Pilihan Editor: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Coba Mandi Air Hangat dan 6 Hal Ini

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."