9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Cepat dan Efektif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi anak hidung tersumbat atau flu. shutterstock.com

Ilustrasi anak hidung tersumbat atau flu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hidung yang tersumbat dapat membuat susah bernafas. Biasanya penyebab hidung tersumbat dipicu udara sekitar yang kotor, alergi, sinus atau gejala akan datangnya flu. Berikut 9 cara mengatasi hidung tersumbat tersumbat dengan tepat dan efektif sehingga aman untuk diterapkan. 

1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dengan menggunakan minyak kayu putih yang dicampur dengan air panas. Setelah itu, kamu bisa hirup aromanya dari uap air panas tersebut sampai hidungmu dapat terasa lega. 

2. Meninggikan Posisi Kepala

Meninggikan kepala dapat dipilih sebagai cara  mengatasi hidung tersumbat sebelum tidur agar nyaman dan juga nyenyak. Berbaring telentang dan gunakan bantal ekstra untuk memastikan kepala berada pada sudut yang sedikit lebih tinggi daripada bagian tubuh yang lain.

3. Menggunakan Essential Oil

Cara menghilangkan hidung tersumbat secara alami sebelum tidur juga bisa dengan menggunakan essential oil atau aromatik di dalam kamar. Tuang essential oil ke dalam wadah bernama diffuser yang nantinya akan menyemprotkan aroma di dalam ruangan. 

Saran ini dilansir dari Health line, yang menuliskan bahwa di sebuah studi pada 2010, semprotan esensial yang mengandung peppermint, eucalyptus, oregano, dan rosemary dioleskan ke peserta lima kali sehari selama 3 hari. Pada akhir penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa semprotan essential oil efektif untuk memperbaiki gejala pernapasan seperti hidung tersumbat setelah digunakan. 

4. Kompres Dengan Air Hangat

Hidung tersumbat atau mampet dapat teratasi tanpa obat dengan cara mengompresnya menggunakan air hangat. Caranya rendam handuk kecil dalam air hangat, bukan air panas. Peras kain, lalu lipat dan letakkan di atas hidung bagian atas dan dahi bagian bawah. Kehangatan dapat membantu meredakan peradangan di lubang hidung sehingga membuatmu lebih mudah untuk bernafas.

5. Mengkonsumsi Jahe

Obat alami untuk hidung tersumbat adalah dengan jahe. Karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu mengurangi hidung tersumbat. 

Kamu bisa cuci jahe lalu geprek dan rebus ke dalam dua gelas air. Bisa ditambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pedas dan minum tiga kali sehari untuk meredakan hidung tersumbat secara instan.

6. Menggunakan Neti Pot

Cara mengatasi hidung mampet sebelah secara alami bisa dengan menggunakan neti pot. Alat ini berfungsi untuk mencuci hidung agar lendir dari hidung dapat keluar dengan cepat. Bentuknya memang mirip seperti teko teh, untuk itu sebelum menggunakannya kamu perlu membuat larutan untuk dimasukkan ke dalamnya. 

Larutannya yaitu air rebusan yang telah dicampur dengan baking soda dan garam lalu dinginkan. Setelah itu kamu baru bisa menggunakannya untuk mencuci hidungmu. Gunakan secara bergantian dari hidung kiri ke hidung kanan. 

7. Melakukan Pijatan

Memijat area tersebut dapat menjadi cara untuk mengatasi masalah tersumbat.  Letakkan telunjuk dan jari tengah di area antara tulang pipi dan rahang atas di kedua sisi hidung. Lalu pijat area tersebut dengan gerakan melingkar selama sekitar 30 detik. Untuk tekanan yang lebih kuat, bisa menggunakan gunakan ibu jari.

8. Minum Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat menjadi obat alami hidung tersumbat yang mudah untuk dibuat. Cuka sari apel bagus untuk dikonsumsi karena memiliki sifat antibakteri dan juga antijamur. 

Campurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan air hangat dan minum 3 kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan satu sendok makan madu ke dalam minuman ini agar rasanya tidak terlalu asam.

9. Memasak Dengan Rempah-rempah

Obat untuk hidung mampet yang terakhir adalah memasak dengan bumbu rempah  seperti bawang putih, kunyit, jahe ataupun yang lainnya. Saran ini dilansir dari Health line bahwa, rasa pedas dari rempah-rempah dapat menyebabkan tubuh membuat lebih banyak lendir dan menyebabkan hidung dapat terasa lega.

Itulah rangkuman cara mengatasinya secara alami. Semoga bermanfaat untuk dipraktekkan langsung di rumah. 

Baca: Soal Operasi Hidung, Khloe Kardashian: Menyesal, Harusnya Lebih Awal

LINTANG OLIVIA | HEALTHLINE | PHARMEASY

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."