4 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Wanita untuk Kesehatan Jantung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jantung wanita. shutterstock.com

Ilustrasi jantung wanita. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama satu atau dua dekade, telah terjadi perubahan dramatis dalam gaya hidup, termasuk makanan. Bicara soal asupan, ada sejumlah makanan yang perlu dikonsumsi wanita untuk kesehatan jantung. Mengingat belakangan ini, penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke yang kerap dikaitkan dengan laki-laki, jumlahnya telah mengalami pergeseran. Menurut data Global Burden of Diseases (GBD) 2017, penyakit jantung iskemik menyebabkan 1,54 juta kematian, di mana 0,62 juta adalah perempuan dan 0,92 adalah laki-laki.

Dr Edwina Raj, Head of Clinical Nutrition & Dietetics, Aster CMI Hospital, mengaitkan munculnya penyakit jantung dan stroke pada wanita dengan berbagai perubahan pola makan dan gaya hidup. Faktor-faktor seperti merokok, kadar gula darah yang tidak terkontrol, menopause dini, obesitas, tekanan darah tinggi,hingga  gaya hidup kurang gerak. Peningkatan level stres, kecemasan karena gaya hidup multitasking, dan riwayat histerektomi atau pengangkatan rahim, juga bertanggung jawab atas peningkatan risiko masalah jantung pada wanita, catat Dr Raj.

Menurut dokter, wanita harus mulai fokus pada kesehatannya sejak dini. Penurunan bertahap hormon estrogen dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, karena perubahan drastis dalam gaya hidup wanita, wanita muda juga mengalami serangan jantung, kata dokter tersebut.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk memulai gaya hidup sehat dan mempraktikkan pola makan ramah jantung yang membantu mencegah risiko penyakit jantung dan stroke. Wanita selalu dianggap sebagai penjaga gerbang gizi setiap keluarga. Oleh karena itu, penting untuk mengubah pendekatan mereka terhadap kesehatan sebelum terlambat," tambah Dr Raj, seperti dilansir Times of India, Rabu, 8 Maret 2023.

Berikut makanan yang perlu dikonsumsi wanita untuk menjaga kesehatan jantung menurut ahli gizi

1. Pola Makan Mediterania

Dr Edwina Raj merekomendasikan untuk mengikuti pola makan Mediterania, yang menekankan pada asupan sayuran dan buah-buahan yang cukup setiap hari, dengan biji-bijian utuh seperti nasi, millet, quinoa, oat, gandum utuh, lentil dan kacang-kacangan.

Selain itu, wanita juga bisa memasukkan ikan dan kulit ayam sebagai pengganti daging merah, domba, sapi, hingga babi.

"Tambahkan segenggam kacang seperti kenari, almond, pistachio, dan biji minyak seperti biji chia, biji bunga matahari, biji labu dan sertakan kombinasi minyak nabati yang benar-benar bebas kolesterol untuk mencapai keseimbangan yang tepat untuk mendapatkan lemak esensial Anda setiap hari (diet nol minyak tidak dianjurkan)," kata dokter Raj.

2. Makanan Rendah Sodium

Pertimbangkan makanan rendah sodium atau rendah garam. Periksa label makanan saat Anda berbelanja dan kurangi natrium melalui berbagai sumber seperti makanan asin, tambahkan soda/garam Cina (monosodium glutamat) saat memasak.

Batasi asupan selai, jeli, saus, penyedap rasa, dan saus tomat. Dokter merekomendasikan kurang dari satu sendok teh garam dalam sehari. Selain itu, batasi asupan lemak trans seperti produk roti. Periksa juga keterangan lemak trans, lemak terhidrogenasi pada label makanan, jika ada hindari membeli produk makanan tersebut.

Baca juga: Demi Menjaga Kesehatan Jantung, Hindari Soda dan 3 Minuman Ini

3. Makanan Rendah Gula

Batasi tambahan gula, minuman manis, sodium, makanan olahan, karbohidrat olahan seperti nasi poles, maida, lemak jenuh, dan daging berlemak atau olahan.

Sebaliknya, makanlah buah-buahan yang memiliki pemanis alami. Sertakan susu rendah lemak atau susu nabati setiap hari untuk menjaga tulang Anda tetap kuat.

Gunakan lemak baik seperti minyak zaitun extra virgin, minyak dedak padi, minyak jahe, kacang-kacangan, biji bunga matahari, zaitun, dan alpukat, yang merupakan sumber lemak sehat yang bagus untuk makanan sehari-hari Anda.

4. Makanan Kaya Kalium 

Menurut Dr Raj, makanan kaya potasium membantu mengatur tingkat tekanan darah dan menjaga kesehatan otot jantung. Karena itu, sertakan sayuran berdaun hijau, buah-buahan, millet, dan kacang-kacangan ke dalam makanan Anda secara teratur.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan manfaat mempertahankan kadar Vitamin B12 yang memadai, vitamin B lainnya untuk menjaga kesehatan arteri dan saraf Anda. Namun, mengingat bahwa setiap tubuh berbeda dan unik, dokter merekomendasikan untuk mengunjungi ahli jantung dan ahli gizi terdaftar untuk mendapatkan saran pribadi.

Pilihan Editor: Hindari 7 Menu Sarapan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."