Cara Membersihkan Perhiasan di Rumah, dari Perak, Emas hingga Batu Permata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

IKLAN

Cara Membersihkan Perhiasan Perak

1. Campuran larutan pembersih

Campur air suam-suam kuku dalam mangkuk kecil dengan beberapa tetes sabun cuci piring ringan. Jika perak Anda sangat ternoda, Anda dapat menambahkan beberapa tetes amonia ke dalam campuran agar noda lebih mudah terurai.

Jangan gunakan amonia setiap kali membersihkan perhiasan karena dapat merusak logam jika terlalu sering digunakan.

2. Rendam selama 5 menit

Setelah larutan pembersih Anda tercampur dan siap digunakan, rendam perhiasan perak Anda di dalamnya dan biarkan terendam selama sekitar lima menit.

Ilustrasi perhiasan perak. shutterstock.com

3. Gosok kotoran

Setelah perhiasan Anda terendam dalam larutan, ambil sikat gigi berbulu lembut dan gosok setiap bagian dengan lembut. Sikat gigi adalah alat yang luar biasa untuk membersihkan perhiasan karena menyikat noda dan kotoran serta masuk ke celah-celah yang sulit dijangkau. Namun, pastikan untuk menggunakan bulu sikat yang lembut, sehingga tidak meninggalkan goresan.

4. Bilas dengan air hangat

Sekarang perak Anda sudah bersih, saatnya membilasnya dengan air hangat. Untuk melakukannya, Anda bisa menyiapkan semangkuk air bersih kedua atau cukup membilas perhiasan di bawah keran di wastafel.

Tapi apa pun yang Anda lakukan, pastikan Anda memiliki penangkap saluran pembuangan, sehingga perak berharga Anda tidak sia-sia jika Anda menjatuhkannya.

5. Keringkan dengan kain mikrofiber

Gunakan kain mikrofiber yang lembut saat mengeringkan perhiasan Anda. Jangan gunakan handuk kertas atau kain dengan bahan kasar karena seratnya dapat menggores logam dan batu permata.

Baca juga: Trik Memadukan Perhiasan Emas untuk Gaun Malam hingga Kebaya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."